Menu

Wisata Religi di Masjid Agung Baitunnur Pati

  Dibaca : 68 kali
Wisata Religi di Masjid Agung Baitunnur Pati
Makam Nyi Ageng Ngerang yang terletak di Dukuh Ngerang, Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (Direktoripati.com)

Wisata religi di Masjid Agung Baitunnur Pati Jawa Tengah melengkapi kebutuhan wisata religi di berbagai tempat di Kabupaten Pati. Masjid terbesar di Kabupaten Pati ini menjadi salah satu persinggahan para wisatawan yang hendak sholat atau sekadar berwisata religi berbarengan dengan tour di tempat-tempat wisata religi lainnya di Pati.

Dengan arsitek pembangunan modern, Masjid Agung Baitunnur Pati ini bukan hanya digunakan sebagai tempat ibadah bagi warga Pati, tetapi juga menjadi salah satu kunjungan wisatawan, terutama wisatawan yang mengunjungi berbagai tempat wisata religi di Pati, seperti makam Syeh Jangkung (Saridin), makam Syeh Ahmad Muttamakin Pati, makam Nyai Ageng Ngerang, atau makam KH Sahal Mahfudzh.

Wisata Religi di Masjid Agung Baitunnur Pati

Tidak jarang peziarah Walisongo yang melintasi Kabupaten Pati kemudian mampir di Masjid Agung Baitunnur Pati untuk istirahat, sholat, sekaligus jalan-jalan di sekitar Alun-alun Pati mengingat masjid ini terletak di kawasan Simpang Lima Pati.

Masjid Agung Baitunnur Pati memiliki lantai dua di mana lantai ke-2 digunakan untuk sholat bagi perempuan. Di belakang masjid terdapat tempat wudlu yang berdampingan dengan WC atau toilet. Sementara itu, di sebelah utara tempat wudlu terdapat kantor takmir dan pusat studi Islam atau Islamic Center.

Uniknya, antara tempat wudlu dan masjid dihubungkan oleh semacam teras dan kolam air dengan batu-batu kecil halus yang terasa nyaman di kaki. Pada bagian utara kompleks masjid terdapat menara tunggal yang menjulang tinggi digunakan sebagai mercusuar adzan.

Pada saat sholat ied tiba, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, Masjid Agung Baitunnur Pati dipenuhi jamaah hingga memadati jalanan yang memutar di sepanjang Simpang Lima. Karena itu, Masjid Agung Baitunnur menjadi tempat ibadah yang paling ramai dikunjungi di Pati.

Di depan sebelah kanan kiri masjid terdapat taman yang membuat suasana masjid semakin teduh dan hijau. Pada bagian genting berwarna hijau bertuliskan Al Quran berwarna kuning secara langsung mengajak umat untuk menunaikan sholat dan menegakkan zakat sebagai dua ibadah yang tidak bisa dipisahkan.

Sholat adalah representasi ibadah kepada Allah, sedangkan zakat merupakan manifestasi ibadah kemanusiaan. Dua-duanya penting untuk dijalankan dan tidak dapat dipisahkan. Begitu pesan tulisan Al Quran yang terpajang besar di depan Masjid Agung Baitunnur Pati.

KOMENTAR

2 Komentar

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional