Menu

Ini Syarat Daftar BPJS Kesehatan

  Dibaca : 244 kali
Ini Syarat Daftar BPJS Kesehatan
Salah satu anggota Genpi Pati melihat kebun kopi di Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (direktoripati.com)

BPJS kesehatan adalah semacam asuransi kesehatan yang memberikan jaminan dan proteksi di bidang kesehatan, sehingga jika anggota atau peserta BPJS kesehatan sakit, bisa mendapatkan klaim asuransi tersebut.

Namun, istilah yang dipakai bukan asuransi (insurance), tetapi lebih kepada jaminan pemeliharaan kesehatan. Meski demikian, pada dasarnya sama. BPJS sendiri singkatan dari badan penyenggara jaminan sosial.

Syarat dan pendaftaran BPJS Kesehatan, bagaimana? Cara mendaftar gimana? Baik, berikut ini kami ulas, simak.

Ini Syarat Daftar BPJS Kesehatan

Syarat pendaftaran BPJS Kesehatan

  • Daftarkan diri beserta dengan anggota keluarga yang tercantum dalam KK (kartu keluarga)
  • Punya nomor induk kependudukan (NIK) yang biasanya sudah tercantum di KTP elektronik maupun KK
  • Bisa menunjukkan KTP dan KK asli
  • Punya nomor rekening, baik BRI, Mandiri, maupun BNI
  • Punya nomor telepon dan alamat email
  • Peserta BPJS kesehatan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan setelah 7 hari pembayaran iuran pertama

Catatan
Syarat pendaftaran BPJS Kesehatan diambil dari kantor BPJS Pati yang mungkin sama untuk daerah Kudus, Jepara, Rembang, Blora, Grobogan-Purwodadi, Cepu, Bojonegoro, Tuban, Demak, Semarang, Solo, Kendal dan sejumlah daerah lainnya di Jawa Tengah.

Pasalnya, masing-masing kantor kadangkala berbeda meskipun tidak signifikan, misalnya syarat dan pendaftaran BPJS Kesehatan di Yogyakarta berbeda tipis dengan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat, atau malah bahkan sama di seluruh Indonesia. Untuk itu, konfirmasikan pada masing-masing kantor BPJS Kesehatan di masing-masing daerah.

Kadang syarat pendaftaran juga berbeda dalam periode waktu tertentu, sesuai dengan kebijakan dari pihak BPJS, misalnya syarat daftar BPJS kesehatan 2015 berbeda dengan tahun 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, dan seterusnya. Demikian informasi seputar cara mendaftar program BPJS Kesehatan yang hanya menginformasikan pada syarat-syaratnya saja. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Info Alamat dan Kantor BPJS Kesehatan Pati Jateng

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional