Menu

Berlibur di Kebun Kopi dan Jeruk Pamelo Desa Wisata Bageng

  Dibaca : 341 kali
Berlibur di Kebun Kopi dan Jeruk Pamelo Desa Wisata Bageng
Salah satu anggota Genpi Pati melihat kebun kopi di Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (direktoripati.com)

Direktoripati.com – Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah memiliki potensi kopi dan jeruk pamelo yang cukup diminati pengunjung.

Di sana, pengunjung bisa berlibur dengan melihat perkebunan kopi dan jeruk pamelo yang ada di pekarangan maupun ladang warga.

Hampir di setiap rumah warga, ada tanaman jeruk pamelo dan pengunjung pasti dapat melihat buahnya yang besar. Jika beruntung, pengunjung bisa membelinya langsung dari pohonnya.

Ketua Puskom Pati, Nurhadi mengatakan, Bageng yang menjadi desa wisata dengan ketinggian sekitar 600 mdpl menjadi salah satu rekomendasi wisatawan yang ingin belajar tentang dunia kopi dan jeruk pamelo.

Dia bersama komunitas Puskom, Karang Taruna dan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Pati melakukan eksplorasi di sana. Akses menuju Desa Bageng memang cukup menyulitkan.

Pasalnya, akses jalan menuju desa tersebut kurang memadahi. Hanya saja, bagi traveler atau penjelajah, lokasi tersebut cukup menantang.

“Jalannya kurang memadahi. Bisa diakses mobil, tapi cukup merepotkan. Kami sarankan untuk pakai sepeda motor. Lokasinya masih sangat alami dan asri banget,” ujar Nurhadi.

Menurutnya, kelestarian Desa Bageng yang berada di lereng pegunungan Muria perlu dijaga. Sebab, di sana ada banyak tumbuhan yang tidak ditemui di daerah lain.

Jeruk pamelo, misalnya. Jeruk yang lebih dikenal publik dengan sebutan “Jeruk Bali” ini memiliki kualitas terbaik di Desa Bageng.

Tak ayal, Desa Bageng ditetapkan pemerintah daerah sebagai sentra jeruk pamelo. Dari Bageng, jeruk pamelo dijual di berbagai daerah hingga kota-kota besar.

Sementara untuk kopi, sebagian besar kopi jenis robusta. Namun, sebagian warga ada yang sudah mengembangkan kopi arabika.

Wah, Desa Bageng memang recommended banget buat jelajah wisata alam dan perkebunan. Di sana, ada air terjunnya juga loh!

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional