Menu

Kantor Arpusda Pati

  Dibaca : 123 kali
Kantor Arpusda Pati
Marching band Bahana Swara Drum menampilkan kisah perjuangan Pangeran Sambernyawa dalam peringatan haul Mbah Mutamakkin, Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah. (Istimewa)
Kantor Arpusda Pati

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati

Alamat : Jalan Dr Wahidin Nomor 4 Pati, Jawa Tengah, Kode Pos 59112

Nomor telepon : (0295) 381257 atau (0295) 382187

Alamat email : arpusdapati@yahoo.com
Website resmi : situs menginduk pada www.patikab.go.id

Kantor Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati terletak di jantung kota Pati, tepatnya di Jl Dr Wahidin No 4 Pati. Kantor Arpusda bersebelahan dengan makam Adipati Tombronegoro, berdekatan dengan Simpang Lima Pati, dan sebelah timur dari kantor Bupati Pati.

Susunan organisasi atau pengurus Arpusda Kabupaten Pati berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pati No 21/2002 meliputi Kepala kantor, sub bagian tata usaha, Kasi pengelolaan dan layanan arsip inaktif, Kasi Pengelolaan dan layanan arsip statis, Kasi pembinaan dan tata kearsipan, serta sejumlah jabatan fungsional lainnya. Susunan organisasi tersebut dirubah dengan berlakunya Perda No 12 tahun 2008 (terbaru) sehinggan susunannya sebagai berikut ini:

– Kepala kantor Arpusda
– Sub Bagian Tata Usaha Arpusda
– Kasi Perpustakaan Arpusda
– Kasi Kearsipan Arpusda
– dan Kasi Pembinaan-Pengembangan Arpusda

Arpusda Kabupaten Pati

Arpusda Pati di dalamnya terdapat segala arsip pemerintahan Pati dan perpustakaan daerah Kabupaten Pati di mana setiap warga Pati dapat mengakses buku secara gratis. Setiap warga Pati juga dapat membaca berjam-jam di bagian perpustakaan sembari menikmati akses hotspot gratis bagi pengunjung yang membawa laptop, gadget, atau peranti komputer lainnya.

Warga Pati juga dapat meminjam buku-buku yang disediakan di perpustakaan daerah Pati. Sebelum meminjam, pastikan kita sudah terdaftar sebagai anggota perpustakaan sehingga kita bisa mengakses dan meminjam buku dengan gratis dalam waktu yang ditentukan pengurus Arpusda Kabupaten Pati, biasanya jangka pengembalian buku selama satu minggu. Lebih dari itu, dikenakan denda sejumlah yang ditetapkan pengurus Arpusda Pati.

Pun, di dalam perpusda Pati sangat lengkap. Kita bisa menjumpai buku sejarah umum maupun sejarah Kabupaten Pati, buku dongeng, buku pelajaran sekolah, buku sains/ilmu pengetahuan alam, buku ilmu sosial, buku agama, novel, buku-buku populer, buku fiksi, ensiklopedi, dan semua jenis buku. Arpusda Pati pernah masuk enam besar sebagai Arpusda terbaik se-Jawa Tengah yang dinilai oleh tim Arpusda Provinsi Jawa Tengah.

Untuk melihat suasana kantornya, silakan nikmati video liputan dokumenter tentang Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati di bawah ini:


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=cZORl_cvWEE

KOMENTAR

1 Komentar

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional