Evita Nursanty Dorong Pemkab Pati Gerakkan Sektor Ekonomi Berbasis Teknologi

Anggota Komisi I DPR RI Evita Nursanty
Anggota Komisi I DPR RI Evita Nursanty saat menyampaikan sosialisasi redesain universal service obligation (USO).

Direktoripati.com – Pemerintah pusat tengah menyiapkan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis teknologi informasi yang ditargetkan selesai pada 2022 mendatang.

Salah satu program yang disiapkan, antara lain program sejuta nama domain, UMKM Go Online, dan program sejuta startup digital. Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Karena itu, Anggota Komisi I DPR RI Evita Nursanty mendorong Pemkab Pati untuk menggerakkan sektor ekonomi berbasis teknologi. Ia juga meminta agar Pemkab bisa memberikan fasilitas kepada pelaku UMKM agar bisa go online.

"Hidup di zaman generasi milenial tidak bisa lepas dari teknologi informasi. Terlebih, Kemenkominfo saat ini gencar melakukan pembangunan infrastruktur internet untuk mengurangi kesenjangan digital. Pemkab Pati harus menyambut era digital dengan baik sebagai sarana untuk mengentaskan pengangguran dan kemiskinan," ujar Evita seusai menjadi narasumber dalam dialog publik bertajuk "Memaksimalkan Teknologi untuk Bisnis Startup" dalam rangka sosialisasi redesain Universal Service Obligation (USO) di The Safin Hotel Pati, Jumat (1/12).

Menurutnya, teknologi internet memiliki dua mata pedang. Di satu sisi, internet bisa membuat kesenjangan. Di sisi lain, ia juga bisa membuat kesejahteraan.

Sisi kesejahteraan itu yang seharusnya dimanfaatkan pemerintah daerah untuk membantu pertumbuhan sektor strategis, seperti pertanian, pariwisata, transportasi, pendidikan, keuangan, kesehatan, dan sektor lainnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengaku siap menggerakkan sektor ekonomi melalui e-commerce. Terlebih, teknologi internet dinilai sangat membantu dalam mendukung program "Noto Projo Mbangun Deso" yang dicanangkan Pemkab Pati.

Dikatakan, perkembangan internet dan e-commerce sangat cepat. Penggunaannya pun semakin masif. Apalagi pengguna media sosial dan berbagai aplikasi terbesar di dunia, salah satunya dari Indonesia.

Untuk itu, saran dari Evita akan menjadi catatan khusus Pemkab Pati. "Kita bersama lebih dari 500 pemuda di Pati menggelar dialog publik yang membahas pemanfaatan teknologi informasi bersama Kemenkominfo. Mereka sangat antusias dan siap ambil bagian di era digital untuk meningkatkan ekonomi," tandasnya. (*)

0 Response to "Evita Nursanty Dorong Pemkab Pati Gerakkan Sektor Ekonomi Berbasis Teknologi"

Post a Comment