Jelajah Puncak Termulus, Dunia Fantasinya Pati Mirip Jurassic Park

puncak termulus dukuh pangonan desa gunungsari kecamatan tlogowungu kabupaten pati jawa tengah

Direktoripati.com – Pernahkah Anda menonton film Jurassic Park di mana para petualang menjelajah hutan-hutan rimba yang lebat dan alami?

Atau menonton dunia fantasi di film-film kolosal yang memasuki hutan-hutan purba semacam Lord of The Ring?

Di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, ada kawasan hutan di puncak Gunung Termulus yang memiliki keindahan dan panorama bak di dunia fantasy.

Lokasinya berada di Dukuh Pangonan, Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati.

Puncak termulus masuk dalam kawasan Pegunungan Muria bersama dengan puncak-puncak lainnya, seperti Puncak Songolikur.

Rara Ireng atau Wahyu Siswiati, penjelajah asal Kayen mengatakan, nuansa alami di kawasan hutan tersebut sangat luar biasa. Masih sama dengan suasana alam zaman peradaban kuno.

"Pemandangannya mirip di dunia fantasy, semacam Jurassic Park, Lord of The Ring. Luar biasa indahnya. Wow banget," ucap Rara kepada direktoripati.com, Jumat (6/10).

Namun, Rara tidak memungkiri bila kesan magis, angker dan wingit cukup terasa kental di sana.

Bahkan, dia mengaku sempat menyaksikan penampakan segerombol orang yang berjalan, lalu menghilang. Padahal, dia mengeksplorasi Puncak Termulus pada siang hari.

Hal senada diutarakan pegiat pariwisata Pati, Krisno. Dia merasakan aura magis menyelimuti kawasan tersebut, kendati pada siang hari.

"Aura magisnya kental sekali. Itu siang hari lho, bikin bulu kuduk berdiri," papar Krisno.

Namun, dia memastikan aura angker dan mistis di Puncak Termulus akan lunas terbayar saat kita berhasil sampai di sebuah tempat dengan pemandangan yang menakjubkan.

"Asal kita tidak jahil, tidak merusak alam, tidak apa-apa. Di situ juga ada situs kuno, harus dirawat dan dilestarikan, jangan dirusak atau diganggu," pesan Krisno.

Dari pemukiman warga, travelers harus menjelajahi medan terjal selama sekitar dua hingga tiga jam.

Sebelum sampai di puncak, travelers akan disambut pemandangan alam berupa hutan pinus dengan tanaman kopi di bagian bawah.

Sebagai tips, bawalah perbekalan dan peralatan gunung, seperti sandal atau sepatu gunung, tas ransel, roti dan air minum.

Dengan catatan, jangan buang sampah di kawasan tersebut. Sebaiknya sampah botol air mineral atau sampah plastik roti dimasukkan tas dan buang saat pulang dan sampai di pemukiman penduduk.

Puncak Termulus bukanlah objek wisata, karena belum dikelola oleh pihak manapun.

Namun, panoramanya yang seperti surga membuat siapa saja takjub. Berani mencoba ke sana?

0 Response to "Jelajah Puncak Termulus, Dunia Fantasinya Pati Mirip Jurassic Park"

Post a Comment