3 Tujuan dan Manfaat Sedekah Bumi menurut Dalang Ki Bayu Aji Pamungkas

Tujuan Manfaat Sedekah Bumi

Sedekah bumi adalah upacara adat sebagai bentuk syukur masyarakat kepada Tuhan, karena bumi yang dipijak menjadi sumber penghidupan.

Dalam tradisi orang Jawa, sedekah bumi yang disebut juga "bersih desa" dilakukan pada bulan Apit dalam Kalender Jawa, sebelum memasuki bulan Besar.

Apa maksud dan tujuan sedekah bumi? Apa pula manfaatnya? Kenapa harus dilakukan setiap setahun sekali?

Dalang asal Solo, Ki Bayu Aji Pamungkas membeberkan manfaat "bersih desa" kepada direktoripati.com saat memainkan wayang kulit dengan lakon "Pandawa Manunggal" di Desa Sidoharjo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati.

1. Bersih desa
Tujuan pertama adalah bersih desa. Maksud bersih desa bukan hanya membersihkan desa dari aura negatif, tetapi juga memiliki dua dimensi makna, yaitu bersih lingkungan dan bersih jiwa masyarakatnya.

Melalui ritual sedekah bumi, jiwa masyarakat dibersihkan, seperti iri, dengki, jahat dan berbagai perbuatan buruk lainnya.

Sedekah bumi mestinya juga dimanfaatkan untuk membuat lingkungan menjadi bersih dan sehat, dari saluran, selokan, pagar halaman, kamar mandi dan rumah.

"Melalui sedekah bumi, lingkungan dan jiwanya juga dibersihkan. Tumindaknya tidak lepas dari ajaran agama, tidak iri dengan rejeki orang lain, menolong tanpa pamrih," kata Ki Bayu yang merupakan putra dari dalang kondang Ki Anom Suroto.

2. Memupuk semangat persatuan dan kesatuan
Prosesi sedekah bumi biasanya mendatangkan hiburan kesenian seperti wayang, ketoprak, barongan dan sebagainya.

Dari sana, masyarakat berbondong-bondong menyaksikan dan mengikuti prosesi, tidak membedakan status sosial. Semuanya memanjatkan doa dan harapan bersama.

Karena itu, keutuhan NKRI harus diletakkan di atas kepentingan pribadi dan golongan. Beda pendapat, gambar dan kaos boleh, tapi merusak NKRI jelas tidak boleh.

3. Meningkatkan tali silaturahmi
Dengan sedekah bumi, semua masyarakat tumpah ruah dalam satu semangat. Mereka sama-sama menginginkan agar kampungnya dihindarkan dari bala, penyakit, pageblug dan azab.

Berkumpulnya semua elemen masyarakat dalam tradisi sedekah bumi membuat tali silaturahmi semakin meningkat.

0 Response to "3 Tujuan dan Manfaat Sedekah Bumi menurut Dalang Ki Bayu Aji Pamungkas"

Post a Comment