Misteri Kunjungan Presiden Soekarno di Pati

Kunnjungan Presiden Soekarno di Pati Jawa Tengah

Direktoripati.com – Presiden pertama RI Soekarno disebut-sebut pernah melakukan kunjungan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Nama Gedung Juang 45 yang terletak di Jalan P Sudirman Pati (depan Hotel Pati) juga disebut pemberian dari Bung Karno.

Pada tahun 1936, gedung itu semula bernama Societeit Soekarame, sebuah tempat pertemuan kolonialisme Belanda. Gedung itu secara khusus dibangun untuk warga Belanda, sedangkan masyarakat pribumi dilarang untuk masuk.

Pada era perang kemerdekaan, sekitar tahun 1947-1948, Soekarno berkunjung ke Pati dan mengubah gedung societeit itu menjadi Gedung Juang 45.

Sebuah tempat para pejuang di Pati untuk melakukan konsolidasi dan mengatur strategi merebut kemerdekaan Indonesia.

Saat launching Gedung Juang 45 beberapa hari yang lalu, Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma memaparkan kedatangan Soekarno di Pati.

Dia menampilkan foto kunjungan Sang Putra Fajar itu di Bumi Mina Tani. Foto tersebut memperlihatkan Soekarno sedang turun dari mobil dengan plat nomor G 59924.

Dengan mengenakan kacamata hitam dan peci, Bung Karno tampak disambut seseorang yang mengenakan jas rapi berkacamata. Namun, direktoripati.com masih belum menemukan di mana lokasi dalam foto itu diambil.

Pihak Kodim 0718/Pati membenarkan foto tersebut merupakan kunjungan Presiden Soekarno di Kabupaten Pati. Namun, di mana lokasi tersebut masih menjadi misteri.

Netizen, kamu tahu di mana lokasi foto tersebut? Coba corat-coret di bagian kolom komentar di bawah ini.

4 Responses to "Misteri Kunjungan Presiden Soekarno di Pati"

  1. Saya juga pernah menemukan cerita kunjungan soekarno di pati.. tapi cuma sedikit om. Kalo gak salah seinget saya di gedung karesidenan malah. Itu terjadi beberapa bulan menjelang proklamasi. Cerita itu dari Rosihan Anwar dalam bukunya Petite Histoire "sejarah kecil" untuk jilid berapanya saya lupa om..coba dicari

    ReplyDelete