Kerajaan Ashoka Ditengarai Ada di Kabupaten Pati

Kerajaan Ashoka Ditengarai Ada di Kabupaten Pati Jawa Tengah

Direktoripati.com – Ingatkah Anda film Asoka yang diperankan Shahrukh Khan? Seorang pangeran keturunan Chandragupta Maurya, penguasa Kerajaan Magadha yang harus berperang melawan kerajaan kekasihnya sendiri, Kaurwaki (diperankan Kareena Kapoor), puteri cantik dari Kalinga atau Kalingga.

Sejarah pada umumnya mencatat, kisah pangeran Ashoka dari Raja Bindusara dari seorang selir yang kemudian naik tahta menjadi raja penguasa kekaisaran Gupta terjadi pada tahun 273 sebelum masehi (SM) hingga 232 SM di sebagian besar anak benua India, sekarang Afganistan hingga Bangladesh, ke selatan hingga Mysore.

Nama "Ashoka" begitu legendaris sebagai seorang pemimpin pertama Bharata atau India Kuno, setelah kisah Mahabharata yang terkenal. Asoka berhasil menyatukan wilayah yang begitu luas, melampaui batas wilayah kedaulatan negara India saat ini.

Namun, pernyataan mengejutkan muncul dari akun Cooper Roscoe dalam grup Sundaland Ancient Civilizations. Dia menengarai, kisah, latar belakang dan sejarah Ashoka terjadi di dekat Gunung Muria, sebelum sedimentasi Sungai Silugangga.

Diterjemahkan direktoripati.com dalam bahasa Indonesia, dia menulis: "Maurya Dynasty - it was probably located near Mount Muria, before the Silugangga river sedimentation, it was an island. Muria Island separated from Java island, situated in central Java. The real Ashoka probably was the Carangsoka kingdom, located north of Juwana river, not a person name."

Artinya kurang lebih begini: "Dinasti Maurya, mungkin terletak di dekat Gunung Muria, sebelum sedimentasi Sungai Silugangga, itu adalah pulau. Pulau Muria yang terpisah dari Pulau Jawa, menunjukkan di Jawa Tengah. Ashoka yang nyata mungkin adalah Kerajaan Carangsoka, terletak di utara Sungai Juwana, bukan nama orang."

Selanjutnya, dia juga menulis: "Ada perang besar antara Kadipaten Carangsoka dan Parang Garuda (red: bisa dibaca di Babad Pati). Perang destruktif berakar dari sengketa pengaturan perkawinan."

"Gunung Muria juga dikenal penduduk setempat dengan sebutan Gunung Rahtawu yang artinya adalah tumpah darah, menunjukkan perang besar yang terjadi di dekat pegunungan. Itu adalah perang Kalingga, apa lagi?"

"Mereka juga punya desa bernama Desa Tempur, artinya Desa Perang di Keling, Jepara, Jawa Tengah, dekat Gunung Muria. Tidak perlu dikatakan Kerajaan Kalingga di Jawa. Dicatat dalam akun Cina, tidak disebut Odisha di benua India."

"Disebutkan, Ashoka memeluk agama Buddha, setelah perang. Nah, candi Buddha terbesar adalah Borobudur di Jawa Tengah. Logikanya, ajaran di mana itu berasal, mereka pasti akan membangun monumen atau candi yang paling besar."

"Pengaturan sejarah Perang Ashoka mungkin terjadi di Jawa dibandingkan dengan benua India, karena memiliki peninggalan sejarah yang lebih besar, seperti dikatakan A.R. Wallace: 'Beberapa orang Inggris menyadari jumlah dan keindahan sisa-sisa arsitektur di Jawa. Mereka tidak pernah populer digambarkan atau dijelaskan."

Sebagian orang terkejut mengetahui bahwa mereka jauh melampaui orang-orang dari Amerika Tengah, bahkan mungkin orang-orang dari India.

Baca juga: Bekas-bekas Kerajaan Demak Ditemukan di Pati

Kerajaan Ashoka ada di Pati
Cooper dengan jelas berpendapat, Ashoka yang nyata mungkin Kerajaan Carangsoka, sebuah wilayah yang berada di sebelah utara Sungai Juwana, bukan nama orang.

Dalam babad Pati, Carangsoka perang melawan kerajaan Parang Garuda yang kemudian dimenangkan Carangsoka, disatukan dalam satu wilayah yang pada akhirnya disebut dengan Pati. Mirip dengan kisah Kerajaan Magadha vs Kalinga dalam film Asoka, yang kemudian keduanya disatukan. Ashoka melakukan ekspansi dengan ajaran Buddha yang cinta kasih dan perdamaian, usai perang besar antara Kalinga dan Magadha yang menelan ribuan korban, termasuk warga sipil.

Bukti-bukti yang disodorkan Cooper di atas semakin meyakinkan bahwa sejarah besar kisah Ashoka benar-benar ada di sebuah wilayah yang saat ini disebut Kabupaten Pati, kemudian melibatkan daerah-daerah lain yang begitu luas, dari Jepara hingga Magelang dan wilayah pinggiran pantai utara Jawa (pantura). Bagaimana menurut Anda?

0 Response to "Kerajaan Ashoka Ditengarai Ada di Kabupaten Pati"

Post a Comment