Duta Besar Norwegia Disebut Kagum Batik Khas Pati

Duta Besar Norwegia Disebut Kagum Batik Khas Pati
Ketua Bidang Usaha IKKP Saiful Arifin bersama Ketua Umum IKKP Firman Soebagyo. © direktoripati.com

Direktoripati.com – Duta Besar Norgewia disebut kagum dengan batik khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Hal itu dikatakan Ketua Umum Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) Firman Soebagyo yang juga Anggota MPR / DPR RI sekaligus Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Rabu, 9 November 2016.

"Saat ini, saya mulai melakukan promosi batik-batik tradisional, khususnya Pati karena memiliki keunikan. Ketika saya ketemu dengan Duta Besar Norwegia, saya bawa baju batik Pati bermotif ikan," kata Firman.

"Dia mengatakan, batik yang saya pakai unik, karena tidak pernah melihat batik yang gambarnya ikan. Dia tanya, kenapa kamu suka motif ikan? Saya jelaskan, Kabupaten Pati memiliki potensi bidang perikanan yang besar," tutur Firman.

Beberapa waktu lalu, Firman juga menggunakan batik tradisional Pati dengan motif perpaduan jagung, tebu, kedelai, padi, kacang-kacangan, dan mendapatkan perhatian. Dia mengaku, keunikan dan karakter dari Pati akan diangkat untuk dipromosikan kepada dunia.

"Salah satu program IKKP akan jadi salah satu media untuk mempromosikan produk-produk unggulan yang ada di Pati. Masing-masing daerah dalam Dapil III punya keunikan, itu yang akan kami bawa," imbuhnya.

Bahkan, ketika Firman melakukan kunjungan ke luar negeri, souvenir yang dibawa bukan lagi batik dari Solo, Jogjakarta atau Pekalongan yang selama ini dikenal sebagai surganya batik Indonesia.

Baca juga: Sejarawan UGM Ungkap Kabupaten Pati Abad ke-15 Jadi Jalur Diplomasi Dunia dengan Pulau Jawa

"Duta-duta besar yang saya temui, sekarang ini saya berikan oleh-oleh batik asli khas Pati. Sebagai putra asli Pati, kami ingin kenalkan potensi dan produk unggulan yang ada di Pati kepada dunia," tandasnya. (*)

0 Response to "Duta Besar Norwegia Disebut Kagum Batik Khas Pati"

Post a Comment