Santri Asal Pati yang Disowani Presiden RI

Foto Gus Dur Sowan ke rumah Mbah Abdullah Salam Kajen Pati
Foto dokumentasi Gus Dur sowan ke rumah Mbah Abdullah Salam di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati.

Direktoripati.com – KH Abdullah Salam atau yang dikenal masyarakat dengan Mbah Dullah adalah salah satu santri dari Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Dari beliau, muncul ulama-ulama besar seperti KH Sahal Mahfudh hingga KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Mbah Dullah adalah orang pertama yang disowani Gus Dur, setelah dilantik menjadi Presiden RI ke-4.

Mbah Dullah sebetulnya keberatan, karena saat itu Gus Dur menjadi menjadi penguasa atau umara. Jika datang sebagai presiden, Gus Dur harus lewat pintu depan.

Namun, bila datang sebagai saudara, Gus Dur dipersilakan datang melalui pintu belakang. Gus Dur pun sowan ke rumah Mbah Dullah melalui pintu dapur.

Setelah bertemu, Gus Dur kemudian bersimpuh dan mencium tangan Mbah Abdullah Salam. "Niki kulo Durrohman, Mbah. Sanes presiden," kata Gus Dur.

Artinya, "Ini saya Durrohman Mbah, bukan presiden."

Mbah Dullah juga dikenal masyarakat selalu memberi makan tamunya. Setiap seminggu sekali, pengajian yang diikuti ratusan orang dari berbagai daerah, semuanya disuguhi makan.

Dikutip dari NU Online, banyak orang kaya yang merasa kasihan dengan Mbah Dullah karena selalu memberikan makan kepada ribuan orang yang mengaji kepadanya.

Konon, orang kaya tersebut diajak Mbah Dullah Salam menuju rumahnya yang sangat sederhana dan diperlihatkan tumpukan karung beras yang nyaris menyentuh atap rumah. "Lihat, saya kaya," ujar Mbah Dullah kepada tamunya.

"Setiap kali ada tamu yang ngaji, berapa pun jumlahnya selalu dikasih makan. Itu selalu dilakukan," kata Anwar, warga setempat.

Begitulah Mbah Abdullah Salam, santri teladan yang sangat sederhana asal pesisir utara Jawa, Pati. Begitu dihormati dan disegani semua orang, termasuk presiden. Sebagian orang yakin, Mbah Dullah adalah waliyullah yang selalu berada di hati para santri dan masyarakat, kendati sudah tiada.

Hari Santri Nasional yang dihelat dengan hiruk-pikuk di Kabupaten Pati diharapkan menjadi momentum untuk meneladani para santri teladan asal Pati. "Mbah Dullah adalah salah satu santri yang wajib diteladani," kata Ketua Pegurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pati, Ali Munfaat. (*)

0 Response to "Santri Asal Pati yang Disowani Presiden RI"

Post a Comment