Pesona Air Terjun Tedunan Pati, dari Wisata hingga Tempat Bertapa

Tempat Wisata Air Terjun Tedunan Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Jawa Tengah
Sungai dengan bebatuan alami menuju Air Terjun Tedunan. © direktoripati.com

Direktoripati.com - Air Terjun Tedunan terletak di Dukuh Jonggol, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pesona alamnya yang indah, asri, hijau dan sejuk membuat tempat ini dibuka sebagai tempat wisata baru di Bumi Mina Tani.

Objek wisata Air Terjun Tedunan masih belum diketahui banyak orang. Lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata Waduk Gunung Rowo, sekitar 2 kilometer naik lagi.

Traveler yang ingin mencoba menjelajah tempat ini cukup menyediakan biaya parkir Rp 4.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil atau kendaraan roda empat. Sebab, tidak ada tiket masuk untuk mengeksplorasi indahnya air mancur yang masih alami ini.

Tiba di tempat parkir, wisatawan akan diarahkan untuk menuju lokasi Air Terjun. Butuh waktu sekitar 10 menit untuk jalan kaki menuju lokasi dengan pemandangan perkebunan dan sawah di sekeliling Anda. Pada bagian barat, kita bisa melihat view pegunungan Muria yang begitu eksotis.

Sebelum sampai lokasi, traveler bisa istirahat sebentar dengan berhenti di sejumlah warung tenda kecil yang ada di sana. Ada makanan, minuman atau snack ringan yang dijajakan di warung-warung tersebut.

Bagi backpacker, medan terjal dan curam untuk menuju air terjun mungkin hal biasa. Begitu juga bagi traveler yang terbiasa menjelajah alam. Namun, Anda yang tidak terbiasa, sebaiknya hati-hati.

Ada medan terjal sepanjang kurang lebih 150 meter untuk menuju tempat air terjun Tedunan. Setelah itu, Anda disambut dengan sungai dengan bebatuan alami, dialiri air yang sangat jernih dan bening, bagai surga dunia.

Setelah sampai di lokasi, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam berupa air terjun dengan ketinggian kurang lebih 40 meter, berbentuk cekung melingkar. Percikan air dari atas yang menyentuh kulit membuat sensasi piknik atau liburan Anda begitu sempurna.

Konon kabarnya, tempat ini sering digunakan untuk bertapa, sebelum dibuka sebagai obyek wisata. Wajar saja, karena tempat ini rasanya sangat tenang, damai, alami dan seolah kita bisa menyatu dengan alam.

Kepala desa setempat, Suyuti sempat mengaku bila awalnya tempat itu angker dan mistis, sehingga tidak ada yang berani datang ke sana. Namun, setelah diberikan syarat, Air Terjun Tedunan akhirnya dibuka sebagai destinasi wisata yang saat ini mulai banyak dikunjungi wisatawan, traveler, hingga backpacker.

Wisata Air Terjun Tedunan Pati
Masih di tempat yang sama, terdapat gua kecil yang dihuni Landak Jawa, binatang langka yang dilindungi Undang-undang. Gua Landak, namanya. Suyuti juga menceritakan bila hewan-hewan itu pada zaman dulu diburu dan dibunuh karena merusak tanaman warga.

Namun, saat ini keberadaan binatang mungil Landak itu sudah dilindungi pemerintah desa. Kawasan objek wisata Air Terjun Tedunan yang berlokasi di lereng Pegunungan Muria benar-benar menawarkan satu destinasi liburan yang sangat asri dan alami. Serasa menyatu dengan alam.

Belum lagi, ada beberapa tanaman khas lereng Gunung Muria yang bisa ditemukan sebelum masuk ke air terjun. Misalnya, cengkeh, jeruk pamelo, kebun ketela, hingga tanaman pertanian seperti jagung.

Berikut video amatir kiriman warga yang diolah direktoripati.com, menggambarkan keelokan Air Terjun Tedunan. Pesonanya bagai surga tersembunyi.

0 Response to "Pesona Air Terjun Tedunan Pati, dari Wisata hingga Tempat Bertapa"

Post a Comment