PSK LI dan Kampung Baru Pati Ikuti Lomba Hari Kemerdekaan RI

Direktoripati.com - Sejumlah pekerja seks komersial (PSK) dari Lorong Indah (LI) dan Kampung Baru mengikuti lomba Hari Kemerdekaan RI ke-71 di Kompleks Pasar Hewan Wage, Jalan Raya Pati-Kudus Km 2, Desa/Kecamatan Margorejo, Pati, Rabu, 17 Agustus 2016.

Mereka tampak antusias mengikuti beragam lomba, seperti lomba makan kerupuk, tarik tambang, balap karung, lari membawa kelereng dalam sendok, dan lomba memecah balon.

Ketua Paguyuban Lorok Indah, Mastur mengatakan, lomba untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang diikuti kaum marjinal tersebut baru pertama kali dilakukan sepanjang sejarah. Tahun lalu, mereka hanya mengikuti upacara bendera, tanpa ada kegiatan lomba.
pekerja seks komersial di pati mengikuti lomba kemerdekaan RI

"Kami ikut merasa senang dan gembira menyambut Hari Kemerdekaan. Ini bagian dari kegiatan kami untuk ikut merasakan gaung kemerdekaan. Kami berharap tahun depan pemerintah bisa memperhatikan kaum marjinal seperti wanita tuna susila," kata Mastur.

Di kompleks Pasar Hewan Wage diakui lebih luas, sehingga bisa mengakomodasi penghuni LI dan Kampung Baru untuk bergabung bersama dan mengadakan kegiatan lomba. "Kalau di LI atau Kampung Baru sempit, tidak ada lahan terbuka untuk mengadakan lomba," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Gusdurian Kabupaten Pati Eddy Siswanto menuturkan, orang marjinal seperti PSK mestinya dibina supaya bisa keluar dari dunia prostitusi, bukan malah dijauhi. "Mereka berhak untuk mencintai tanah air dengan semangat nasionalisme, termasuk ikut lomba Hari Kemerdekaan," ujar Eddy.

Mawar (bukan nama sebenarnya), salah satu penghuni LI mengaku senang dengan adanya kegiatan lomba. Sebab, lomba peringatan Hari Kemerdekaan bagi penghuni Kampung Baru dan LI baru diadakan tahun ini. "Tahun lalu, kita cuma upacara saja, tidak ada lomba," ucap Mawar.

0 Response to "PSK LI dan Kampung Baru Pati Ikuti Lomba Hari Kemerdekaan RI"

Post a Comment