Wisata Religi di Kuil Vihara Saddhagiri Pati Terbesar Asia

Direktoripati.com - Salah satu obyek wisata religi bagi umat Buddha yang bisa dikunjungi di Kabupaten Pati, Jawa Tengah adalah Vihara Saddhagiri yang berlokasi di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal.

Bangunannya begitu megah dan berada di tempat dengan dataran paling tinggi ketimbang bangunan lainnya. Filosofi dari wihara yang dibangun di dataran tinggi adalah dekat dengan para dewa dengan suasana kosmos langit yang mudah dijangkau, sehingga doa yang dipanjatkan cepat dikabulkan.

Wihara adalah tempat ibadah bagi umat Buddha atau juga disebut kuil. Pada hari raya Waisak, Vihara Saddhagiri menjadi tempat bagi warga setempat untuk menunaikan ibadah.

Dalam ritual beribadah, umat Buddha di Desa Jrahi biasanya memutari kuil sebanyak tiga kali yang diakhiri dengan menyalakan hio di altar pohon Bodhi. Selanjutnya, mereka melakukan meditasi di dalam wihara.

Ada pula tradisi sungkeman yang dilakukan di dalam kuil. Mereka yang muda bersalaman dan mencium tangan yang tua. Hal itu menjadi simbol penghormatan kepada orang tua.

Wisata Religi di Kuil Vihara Saddhagiri Pati Terbesar Asia

"Pada puncak perayaan hari raya Waisak, umat Buddha biasanya datang ke Candi Borobudur dan Candi Sewu. Namun, beberapa kali warga di sini merayakan di Wihara Saddhagiri," ucap Ketua Vihara Saddhagiri, Ngaripin saat berbincang dengan Direktoripati.com beberapa waktu lalu.

Wihara ini memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari toilet/WC, kamar mandi, dan berbagai sarana prasarana untuk beribadah. Di dalam kuil terdapat patung Buddha berwarna emas.

Ada yang mengatakan, wihara ini terbesar di Asia. Namun, anggapan ini keliru. Jangankan terbesar dan termegah di Asia, di Indonesia saja masih besar Maha Vihara Maitreya di Jalan Cemara Boulevard Utara Nomor 8, Kompleks Perumahan Cemara Asri, Medan, Sumatera Utara.

wihara terbesar di asia

Meski begitu, Vihara Saddhagiri bisa dipastikan kuil terbesar di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Namun, jarak yang harus ditempuh cukup jauh dari jantung Kota Pati, yakni sekitar satu jam lebih.

Pasalnya, traveler harus melewati jalan terjal naik-turun karena memang berada di perbukitan lereng Gunung Muria pada bagian utara. Namun, Anda justru bisa menikmati indahnya berpetualang melewati desa-desa perkampungan yang masih sangat asri dan hijau.

kuil wihara Saddhagiri di desa jrahi kecamatan gunungwungkal pati

Potret kerukunan umat beragama
Di Desa Jrahi juga bisa menjadi potret kerukunan umat beragama di Pati. Di sana, ada berbagai umat dan pemeluk agama, baik Islam, Buddha, Kristen, Katolik, hingga kepercayaan penghayat seperti Sapto Dharmo.

Mereka bisa hidup berdampingan secara rukun. Di sana, warga mengklaim tidak pernah ada konflik warga yang melandaskan pada keyakinan agama. Inilah potret toleransi di ujung peradaban Pati bagian barat-utara, lereng pegunungan Muria.

Vihara Saddhagiri adalah kuil yang bisa menjadi rekomendasi untuk wisata religi (religious tourism) bagi umat Buddha di kawasan pantura timur. Betul-betul menakjubkan. (*)

0 Response to "Wisata Religi di Kuil Vihara Saddhagiri Pati Terbesar Asia"

Post a Comment