Indocement Tingkatkan Kompetensi Masyarakat di Sekitar Pabrik

Direktoripati.com – Tiga Roda, merek semen yang diproduksi PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk kembali menunjukkan komitmennya untuk memajukan masyarakat di wilayah operasional pabrik melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), antara lain kegiatan lokakarya dan diskusi. Hal itu untuk meningkatkan kompetensi masyarakat di lingkungan kompleks Pabrik Citeureup pada awal Juni 2016.

Tak hanya itu, Indocement juga berupaya memperluas jaringan dan pasar bagi mitra binaan Indocement yang ada di wilayah Pati, Jawa Tengah. Padahal, pabrik semen yang memproduksi semen Tiga Roda tersebut belum dibangun di Pati.

Kendati begitu, Indocement terus berupaya meningkatkan kompetensi masyarakat. Di Pati, Indocement mengirim empat mitra binaan yang menjadi anggota Koperasi Srikandi Jaya dalam Surabaya Great Expo 2016 pada tanggal 18-22 Mei 2016 lalu.

Indocement Tingkatkan Kompetensi Masyarakat di Sekitar Pabrik

Mereka memamerkan komoditas batik Pati, produk makanan UKM dan produk olahan pertanian, yaitu jahe merah. Tim CSR Indocement juga mengirim perajin batik Pati sebagai mitra binaan CSR Indocement dalam sebuah pameran internasional, INACRAFT di Jakarta Convention Center pada 20-24 April 2016.

“Program CSR Indocement berupaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang bermutu di semua wilayah operasionalnya di Indonesia. Tujuannya untuk merancang kelayakan sosial. Dengan demikian, tercipta peningkatan kesejahteraan sehingga kemandirian dalam kehidupan bermasyarakat tercapai,” ujar CSR Division Manager Indocement, Sahat Panggabean melalui siaran pers yang diterima Direktoripati.com, Senin (6/6).

Lokakarya peningkatan kompetensi masyarakat
Untuk meningkatkan kompetensi masyarakat, Indocement bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kabupaten Bogor mengadakan lokakarya di Pusat Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Hambalang, Citeureup, Jawa Barat, yang dimulai sejak Rabu (1/6).

Dalam kegiatan lokakarya tersebut, Tiga Roda dibantu Karang Taruna Desa Tajur. Hal itu menjadi upaya kerja sama yang baik antara perusahaan dan organisasi masyarakat untuk memajukan kualitas kehidupan masyarakat. Peserta lokakarya merupakan anggota Karang Taruna yang tersebar di berbagai desa di wilayah Kecamatan Klapanunggal dan Citeureup.

“Kegiatan tersebut menjadi cermin harmonisasi antara perusahaan dan organisasi kemasyarakatan untuk bersama-sama memajukan masyarakat. Perusahaan, pemerintah dan organisasi masyarakat yang bergiat pada lingkungan selalu bisa berjalan bersama-sama untuk meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat,” jelas Sahat.

Selain itu, Tiga Roda mengadakan seminar motivasi bertema “Peningkatan Kesadaran dan Peran Masyarakat dalam Melestarikan Lingkungan Hidup”. Seminar yang digelar Kamis (2/6) itu, dihadiri masyarakat pegiat lingkungan hidup dari berbagai desa di wilayah operasional pabrik.

Dalam seminar motivasi tersebut, para peserta diharapkan bisa memaknai pentingnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan hidup. Sejumlah motivator yang hadir, di antaranya Jusmarwan Nacing yang merupakan pembina Adiwiyata Kabupaten Bogor, praktisi lingkungan hidup Wilda Yanti dan Pembina Kampung Ramah Lingkungan Kabupaten Bogor, Suprihatini.

Seluruh program itu menjadi upaya konsisten Tiga Roda untuk melestarikan alam dan kearifan lokal (local wisdom) melalui program infrastruktur dan penanaman nilai-nilai lingkungan kepada masyarakat. Pun, Indocement menjalankan program lima pilar CSR, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, serta keamanan dan program pengembangan masyarakat secara berkelanjutan atau sustainable development program (SDP) untuk mendorong terwujudnya masyakarat mandiri. (AGR/*)

0 Response to "Indocement Tingkatkan Kompetensi Masyarakat di Sekitar Pabrik"

Post a Comment