Situs Istana Peninggalan Kerajaan Demak Ditemukan di Pati

Direktoripati.com - Situs Istana Kesultanan/Kerajaan Demak pada masa Raden Bagus Mukim atau dikenal dengan Sunan Prawoto, ditemukan di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Bukti temuan tersebut, antara lain adanya “candi bentar” atau gapura yang menjadi pintu masuk istana kerajaan.

Bukti temuan bersejarah tersebut, kemudian dicocokkan dengan data literasi yang pernah ditulis Manuel Pinto, seorang Portugis yang pernah menjelajah di bumi Nusantara pada tahun 1548. Setelah mengantarkan surat Uskup Agung Pastor Vicente Viegas di Makassar, Pinto mampir ke tanah Jawa, salah satunya di tanah Prawoto yang saat ini menjadi Desa Prawoto.

Desa Prawoto sendiri merupakan daerah kecil di Pati bagian selatan yang berada di perbatasan Pati, Kudus dan Grobogan/Purwodadi. Menurut penemuan yang ada, Desa Prawoto diduga menjadi bagian dari istana Kasultanan Demak dijadikan tempat saat daerah Demak Bintoro (sekarang Kabupaten Demak) dilanda bencana, misalnya banjir.

gambar bukti peninggalan kerajaan demak di pati
benda hasil peninggalan kerajaan demak di pati jawa tengah

"Ada banyak benda-benda bersejarah peninggalan yang masih tersisa di situs Prawoto. Berdasarkan penemuan yang ada, kami mengibaratkan bahwa daerah Prawoto dulu merupakan Istana Bogor-nya Kesultanan Demak. Pusat pemerintahan berada di Masjid Demak. Sementara itu, istana kedua ada di daerah Prawoto," ujar Susilo Tomo, Sekretaris Tim Rekonstruksi Sejarah Pati.

Menurutnya, istana Kerajaan Demak di Prawoto mirip seperti Istana Bogor-nya Indonesia. "Pusat pemerintahan ada di Jakarta, tetapi presiden juga punya istana di Bogor dan Yogyakarta. Sama halnya situs Prawoto, dulu menjadi istananya Kesultanan Demak yang relatif jauh dari pusat pemerintahan, yaitu Masjid Agung Demak," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Rekonstruksi Sejarah Pati Sugiyono mengatakan, beberapa titik di daerah Sukolilo dulu masih berupa selat, sehingga memungkinkan Manuel Pinto mendarat di tanah Jawa dan bertemu Sunan Prawoto. "Ini berdasarkan karakter geologis, catatan literer, dan temuan sejarah yang ada," tuturnya. Sumber: Koran Muria Cetak, 20 Maret 2015. (*)

0 Response to "Situs Istana Peninggalan Kerajaan Demak Ditemukan di Pati"

Post a Comment