Polisi Akan Gelar "Razia Tilang" Besar-besaran di Pati

Direktoripati.com - Kepolisian Resort (Polres) Pati akan menggelar razia dan operasi lalu lintas besar-besaran dalam waktu dua pekan ke depan, mulai hari ini hingga Minggu (29/5/2016) mendatang. Hal itu menjadi program Operasi Patuh Terpusat 2016 oleh Kepolisian Republik Indonesia yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Tujuan operasi patuh 2016 adalah memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan. Kedua, operasi ini diharapkan bisa menekan angka pelanggaran lalu lintas," ujar Kapolres Pati AKBP R Setijo Nugroho dalam apel sinergitas TNI-Polri dan gelar pasukan ops patuh candi 2016 di halaman Makodim 0718/Pati, Senin (16/5/2016).

Rencananya, operasi patuh akan digelar dua sampai tiga kali dalam sehari. Namun, hal itu dilakukan dengan melihat kondisi dan perkembangan situasi di lapangan.

Polisi Akan Gelar Razia Tilang Besar-besaran di Pati

Pengendara sepeda motor yang tidak mematuhi aturan akan dikenakan tilang. Pengendara yang akan ditilang, antara lain tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan, pengendara melawan arus, pelat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, pembonceng tidak pakai helm atau dua-duanya, motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi) dan harus nyala lampu besar di siang hari, melanggar lampu merah, melanggar marka jalan dan garis stop, dan naik motor lebih dari dua orang.

Sementara itu, pengendara mobil yang akan ditilang, apabila pelat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, tempel logo/simbul pada pelat nomor, pakai rotator/sirene pada mobil pribadi, tidak menggunakan sabuk pengaman, melanggar lampu merah, serta melanggar marka jalan dan garis stop.

Dalam operasi simpatik yang lalu, polisi hanya bersifat menegur. Beda halnya dengan Operasi Patuh Terpusat 2016, polisi akan melakukan penindakan setiap pelanggaran lalu lintas. (*)

0 Response to "Polisi Akan Gelar "Razia Tilang" Besar-besaran di Pati"

Post a Comment