Indocement Raih 4 Penghargaan Bergengsi “Indonesia Green Awards”

Direktoripati.com – Produsen semen Tiga Roda, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk meraih 4 penghargaan bergengsi di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) pada ajang Indonesia Green Awards 2016.

Indocement menyabet 4 penghargaan untuk bidang penyelamatan sumber daya air, pelestarian keanekaragaman hayati, pengembangan pengolahan bank sampah, dan pelopor pencegahan polusi.

Penghargaan bergengsi tersebut diberikan langsung oleh chairman La Tofi School of CSR, La Tofi di Taman Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu, 21 Mei 2016.

Keempat program yang mendapatkan penghargaan tersebut, tersebar di sejumlah wilayah di Nusantara. Program penyelamatan sumber daya air dilakukan di Desa Bantarjati, Klapanunggal, Bogor yang berdekatan kompleks pabrik Indocement di Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Program tersebut melaksanakan perbaikan mata air, pembuatan bak penampungan, hingga pemasangan pipa air. Dengan demikian, manfaatnya bisa dirasakan warga sekitar.

foto pabrik semen PT Indocement Tiga Roda di Bogor

Sementara itu, kompleks pabrik Indocement di Palimanan, Cirebon, Indocement mempelopori penggunaan bag filter yang bisa mereduksi emisi debu menjadi hanya 10 miligram per normal meter kubik, jauh di bawah nilai ambang batas yang ditentukan Pemerintah sebesar 80 miligran per normal meter kubik.

Selain itu, di area penambangan kompleks pabrik Palimanan, Indocement juga mengadakan Quarry Life Award pada tahun 2014, di mana perusahaan memberi kesempatan kepada akademisi, peneliti dan praktisi untuk melakukan penelitian di bidang keanekaragaman hayati. Hasil dari penelitian tersebut dijadikan perusahaan sebagai pelengkap program reklamasi lahan tambang yang sudah dijalankan sebelumnya.

Selain di wilayah operasional pabrik, Indocement juga giat mengagendakan edukasi tentang pentingnya nilai-nilai lingkungan untuk masyarakat di luar area pabrik. Misalnya, pengelolaan bank sampah di RW 17, Desa Jati Endah, Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Di wilayah tersebut, perusahaan memberikan pemahaman kepada warga sekitar untuk peduli pada lingkungan dengan mengelola sampah rumah tangga, sehingga punya nilai jual seperti produksi pupuk kompos dan aneka kerajinan tangan lainnya.

Atas program tersebut, warga RW 17 Desa Jati Endah menjadi daftar kunjungan para pegiat dan pemerhati lingkungan hidup di tingkat nasional hingga internasional/mancanegara.

CSR and Security Division Manager Indocement, Sahat Panggabean mengatakan, perusahaan yang telah berdiri selama 40 tahun ini bersungguh-sungguh dalam merealisasikan pelestarian lingkungan hidup. “Seluruh program CSR Indocement terkait dengan lingkungan hidup, kami laksanakan bukan untuk mendapatkan penghargaan, tetapi atas itikad baik dan keberhasilan nyata dari program- program CSR tersebut,” tutur Sahat.

Lebih lanjut, Sahat Panggabean mengungkapkan, program lingkungan hidup Indocement direncanakan dan dilaksanakan melampaui kewajiban sebagaimana ketentuan undang-undang dan sejumlah peraturan lainnya.

Pada rencana pembangunan pabrik semen di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, misalnya. Indocement sudah melaksanakan beragam program filantropik, maupun pemberdayaan masyarakat sejak sebelum pabrik didirikan.

Sesuai dengan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), Indocement akan membangun bendungan tadah hujan di area tambang dan embung di area pabrik yang kapasitas keseluruhannya mencapai sebesar 2,1 juta meter kubik (bendungan tadah hujan dengan kapasitas 900 ribu meter kubik serta 4 embung dengan kapasitas masing-masing 300 ribu meter kubik).

Selain bermanfaat untuk mengelola banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau, air bendungan/embung ini dicadangkan untuk operasional pabrik dan penggunaan oleh masyarakat masing-masing sebanyak 700 ribu meter kubik.

Keempat penghargaan Indonesia Green Awards 2016 merupakan bukti nyata dari komitmen Indocement untuk terus melestarikan alam dan lingkungan. Indocement menjalankan program 5 pilar CSR, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan serta program pengembangan masyarakat secara berkelanjutan (sustainable development program/SDP) untuk mendorong tercapainya masyakarat yang mandiri. (AGR/*)

0 Response to "Indocement Raih 4 Penghargaan Bergengsi “Indonesia Green Awards”"

Post a Comment