Daftar Pemenang Lomba Tari Tradisional Jawa di Pati

Direktoripati.com - The Dona Doni Resto, Pool and Spa menggelar lomba Tari Tradisional Jawa 2016 dengan tema "Tari Kreasi Baru Berpijak pada Tari Tradisional" pada Minggu, 15 Mei 2016. Kegiatan yang didukung Bank Negara Indonesia (BNI) itu diikuti sekitar 28 kelompok tari dari berbagai daerah di Kabupaten Pati.

"Tari adalah warisan budaya bangsa yang patut mendapatkan apresiasi. Karya seni tari tradisional menjadi kebanggaan bangsa yang harus dilindungi dari kepunahan. Itu yang menjadi alasan kami menggelar lomba tari untuk memperingati hari pendidikan nasional dan HUT The Dona Doni Resto, Pool and Spa ke-5," ujar owner The Dona Doni Resto, Pool and Spa, Purwani Dewi.

Dari hasil penilaian yang dilakukan dewan juri, muncul enam juara dan lima penari terbaik. "Aspek yang kami nilai, di antaranya wiraga, wirama, wirasa, dan penampilan. Mereka yang menguasai aspek itu ditetapkan sebagai juara," kata Any Wuryaningrum, salah satu dewan juri saat dimintai keterangan Direktoripati.com.

lomba tari tradisional jawa the dona doni resto pool and spa

Juara pertama diraih grup Sekar Rinonce dengan judul tari "Jaran Pecut" dan nilai 1079.

Juara dua didapatkan grup Taman Budaya dengan judul tari "Golek Campur Sari" dan skor 1055.

Juara tiga diperoleh grup Taman Budaya berjudul "Kukilo" dengan skor 1032.

Juara harapan pertama diraih Tondonegoro dengan membawakan judul "Merak" dan skor yang didapatkan 910.

Juara harapan dua diraih Tondonegoro yang membawakan judul "Kalongking" dengan nilai 900.

Juara harapan tiga disabet Taman Budaya yang membawakan judul "Ogleg" dengan skor 880.

Adapun penari terbaik adalah Abel, Ciara, dan Azzahra. Penari terbaik kedua, antara lain Chiaraweta Cahyanizza dan Livia Belle Sharapova.

"Dengan lomba ini, kami ingin memberikan wadah apresiasi untuk anak-anak yang memiliki bakat dan minat di bidang tari tradisional. Kami berharap bisa mengembangkan seni tari sebagai aset budaya untuk menunjang wisata di Pati," tandasnya. (ata/*)

0 Response to "Daftar Pemenang Lomba Tari Tradisional Jawa di Pati"

Post a Comment