10 Tempat Wisata di Kudus Paling Populer, Seru & Terbaik

Tempat wisata di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang paling populer, terbaik, sering dikunjungi, nge-hits, dan seru sebetulnya ada banyak. Namun, ada 10 obyek wisata seru dan terbaik di Kudus yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk liburan Anda.

Makam Sunan Kudus
Bicara soal objek wisata di Kudus, Anda tidak akan lepas dari tokoh legendaris yang bernama Sunan Kudus atau yang nama aslinya Sayyid Ja'far Shadiq Azmatkhan. Kenapa?

Sosok Ja'far Shodiq adaalah salah satu dari anggota Dewan Walisongo memiliki peran penting dalam merumuskan konsep negara "Kerajaan Demak" bersama Kanjeng Sunan Kalijaga pasca lengsernya Majapahit.

Dari catatan Direktoripati.com, Raden Jafar Shadiq lah orang yang pertama kali menyebut nama Al-Quds yang artinya "suci". Kata Al Quds kemudian bertransformasi menjadi Kudus, karena lidah orang Jawa lebih mudah menyebutnya dengan kata Kudus.

Itulah sebabnya, sebaiknya Anda mengunjungi Makam Sunan Kudus untuk berziarah sebagai salah satu agenda wisata religi. Sebab, nama daerah Kudus sendiri pertama kali disematkan oleh Sunan Kudus.

Lokasinya sangat dekat dengan Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Aksesnya mudah dijangkau dan beragam oleh-oleh bisa Anda beli di sana.

Di sana, juga ada Menara Kudus yang menjadi ikon legendaris di Kota Kretek. Menara itu diyakini sebagai peninggalan Sunan Kudus pada zaman Walisongo bersamaan dengan masjid. Lokasinya satu kompleks dengan masjid dan makam Sunan Kudus.

makam raden umar said sunan muria walisongo

Sunan Muria
Tak lengkap rasanya bila berkunjung di Kabupaten Kudus, tetapi meninggalkan agenda wisata religi di pegunungan Muria, yaitu Makam Raden Umar Said atau dikenal Sunan Muria.

Sunan Muria juga anggota Dewan Wali Sembilan yang menyebarkan agama Islam di wilayah Pegunungan Muria. Letak dan lokasi makamnya memang cukup jauh dari jantung Kota Kudus.

Bisa dibilang, Makam Sunan Muria bisa ditempuh dari Kudus atau Kabupaten Pati melalui Kecamatan Gembong. Jarak tempuhnya hampir sama.

Di sana, ada banyak oleh-oleh yang bisa Anda bawa, misalnya ganyong (semacam jenis umbi-umbian), pari jotho yang biasa dibeli wanita hamil agar anaknya cantik atau tampan, krecek, dan beragam oleh-oleh lainnya.

Sembari ziarah, Anda bisa menikmati indah dan sejuknya kawasan Muria Mountain. Sebuah gunung yang dikenal cukup legendaris di Indonesia. Makam Sunan Muria berlokasi di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Museum Kretek
Obyek wisata Museum Kretek cukup populer dan sering dikunjungi. Lokasi tempat wisata ini berada di alamat Jalan Getas Pejaten, Kecamatan Jati.

Ini juga rekomendasi banget. Kenapa? Kudus dikenal dunia karena produknya bernama kretek atau rokok. Bila Anda tidak berkunjung ke sini, Anda tidak akan tahu identitas Kota Kudus.

Museum Kretek Kudus dibuka untuk wisatawan kok, setelah sempat ditutup untuk sementara waktu. Di sini, Anda akan disuguhkan satu wahana yang berisi rumah adat Kudus, bioskop mini, kolam renang, dan museum kretek itu sendiri.

Foto Museum Kretek Kudus

Situs Purbakala Patiayam
Objek wisata yang satu ini juga tidak bisa ditinggalkan. Sebab, Situs Purbakala Patiayam menyimpan fosil-fosil penting yang hidup pada zaman purba ribuan tahun yang lalu di mana Pegunungan Muria sempat meletus, memuntahkan lahar dan debu vulkanik hingga menyebabkan peradaban di sekitarnya hampir musnah.

Lokasi Situs Purbakala Patiayam berada alamat di Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus. Bisa ditempuh melalui jalur pantura nasional, letaknya berada di perbatasan Pati dan Kudus, dekat dengan pabrik kertas Pura.

BACA JUGA: 10 Obyek Wisata Terbaik di Pati Bumi Mina Tani

Pusat perbelanjaan/mall
Ada sejumlah pusat perbelanjaan atau mall yang bisa Anda kunjungi saat berlibur dan menghabiskan waktu dengan wisata belanja. Salah satunya Ramayana, Matahari, Hypermart, Pasar Kliwon yang dikenal sebagai pusat kulakan, dan ADA Swalayan.

Kudus adalah satu dari 35 kabupaten di Jawa Tengah dengan tingkat perekonomian yang sangat maju. Jadi, tidak heran bila pusat perbelanjaan menjamur di sini. Anda bisa menghabiskan wisata belanja di sini.

Rumah Tua Peninggalan Belanda
Ada rumah tua peninggalan zaman Belanda yang lokasinya berada di pinggiran Jalan Raya Besito, Kecamatan Gebog. Rumah tua ini dikenal angker, mistis, wingit, dan mengerikan yang diliputi dengan misteri.

Kesan kuno dan tidak terawat membuat rumah tua ini dikenal dengan keangkerannya. Mungkin tempat ini menjadi salah satu tempat angker di Kabupaten Kudus.

Oleh sebagian orang, lokasi mistis dan wingit justru dimanfaatkan sebagai obyek wisata misteri atau dikenal dengan urban legend. Nah, menarik sekali bukan?

Namun, belakangan tempat ini mulai dilirik para model yang cantik dan seksi, serta para fotografer untuk mengabadikan foto. Kesan kuno dan klasik justru menjadi daya tarik bagi dunia fotografi.

Desa Wisata Rahtawu
Hallo... Hari gini tidak tahu Desa Rahtawu? Kebangetan! Saat ini, Desa Rahtawu yang terletak di Kecamatan Gebog, Kudus menyimpan sejuta potensi wisata yang layak Anda kunjungi.

Saat ini pula, tempat wisata di Kudus yang paling hits, populer dan sangat seru adalah Rahtawu. Banyak cowok-cewek, laki-laki perempuan, pria dan wanita yang mengagendakan liburan di sana.

Terutama bagi pencinta alam, Rahtawu dengan ketinggian mencapai 1.627 mdpl adalah tempat idaman untuk muncak. Menjelajah alam sembari pacaran, boleh-boleh saja sih.

Tapi, apa enggak takut? Sebab, di sana banyak sekali mitos, cerita, dan sejarah yang berkembang sebagai tempat pertapaan para tokoh pewayangan seperti Eyang Abiyoso, Eyang Sakri, Pandu sebagai ayah Pandawa, Lokajaya, dan Palasara.

Adapun sejumlah lokasi yang bisa Anda jadikan sebagai jujugan wisata, antara lain Puncak Songolikur atau Puncak Saptorenggo yang merupakan puncak tertinggi Gunung Muria, Air Terjun Gonggomino, Mata Air Kali Gelis, dan Jonggring Saloka.

Jangan khawatir, Pemkab Kudus rencananya akan menyulap kawasan ini jauh lebih indah, eksotis, dan menawan dengan fasilitas baru seperti kereta gantung dan danau buatan. Rekomendasi banget!

Air terjun monthel
Air terjun Montel sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata di Kudus yang cukup populer. Biasanya, pengunjung datang ke sini sembari ziarah di Makam Sunan Kudus, karena lokasinya tak jauh dari sana.

Ketinggian air terjun Monthel mencapai 50 meter dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius, sehingga sangat sejuk dan dingin. Sebab, suhu kamar biasa 25 derajad Celcius.

Berapa harga tiket masuk ke lokasi ini? Kalau dulu sih Rp 3 ribu. Sekarang sudah naik menjadi Rp 5 ribu. Dijamin seru. Tertarik?

foto air terjun monthel gunung muria kudus

Air tiga rasa Rejenu
Sumber air tiga rasa yang berada di kawasan wisata Rejenu sudah sangat populer sejak lama. Air di sini bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit.

Seperti apa sih rasanya? Namanya juga tiga rasa. Jadi, sumber air ini punya rasa tawar bercampur masam, rasa mirip minuman ringan bersoda, dan rasa air yang mirip seperti minuman keras sejenis arak atau tuak.

Menurut cerita tutur dan keyakinan warga setempat, air yang rasanya tawar agak asam bisa mengobati bermacam-macam penyakit, air yang rasanya mirip soda bisa membuat percaya diri atau PD, dan air yang rasanya kayak miras dipercaya memberikan khasiat/manfaat melancarkan rejeki.

Gerbang Kudus Kota Kretek
Ini dia yang terbaru dari salah satu tempat wisata di Kabupaten Kudus yang harus Anda kunjungi. Letaknya berada di ujung Kudus bagian barat, berbatasan dengan sungai yang memisahkan dengan Kabupaten Demak.

Gerbang Kudus Kota Kretek pada malam hari sangat indah dengan lampu warna-warni yang begitu eksotis dan menawan. Apakah ikon baru Kota Kudus ini menjadi gerbang kota termegah di dunia?

BACA JUGA: Fakta Mengejutkan Dibalik Pintu Gerbang Kudus Kota Kretek

Selain 10 tempat wisata di Kudus yang populer, seru dan sering dikunjungi di atas, ada banyak destinasi obyek berlibur lainnya yang bisa Anda kunjungi. Misalnya, Air Terjun Gua di Desa Piji, Sendang Jodo di Desa Purworejo, Sendang Bulusan di Desa Hadipolo, Sendang Pereng di Desa Prambatan Lor, hingga Gray Canyon di Desa Tanjungrejo.

Ada juga sejumlah wisata sejarah lainnya seperti Masjid Bubrah di Desa Demangan, Goa Jilang di Desa Colo, Gua Muin Gecil dan Goa Siluman di Desa Terban, Tugu Identitas Kudus di Desa Getaspejaten, Waduk Logung yang baru-baru saja dibangun di Desa Tanjungrejo, Bendungan Wilalung di Desa Kalirejo, hingga Klenteng Hok Hien Bio di Ploso.

Bila Anda bersama keluarga, anak atau pacar, mantan kekasih juga boleh, Anda bisa liburan di Taman Menara Kudus di Kauman, Kolam Pemancingan dan Kolam Renang Honocoroko di Kaliwungu, The Peak View Waterboom di Gondangmanis, Taman Krida Wisata di Desa Wergu Wetan, dan Mulia Wisata Waterpark di Kajar. (*)

0 Response to "10 Tempat Wisata di Kudus Paling Populer, Seru & Terbaik"

Post a Comment