Seputar Gerbang Kudus Kota Kretek, Fakta & Misteri

KUDUS, Direktoripati.com - Siapa sangka Gerbang Kudus Kota Kretek atau disingkat GKKK/GK3 yang begitu indah dan memukau pada malam hari menyimpan seputar fakta-fakta, filosofi, dan misteri yang dipenuhi unsur mistis.

Redaksi Direktoripati.com akan mengupas tuntas seputar filosofi, fakta dan misteri di sini. Berlokasi di kawasan Taman Tanggul Angin, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Gerbang Kudus Kota Kretek menghabiskan dana mencapai Rp 16,125 miliar. Fantastis!

Bangunan yang berada di pintu selamat datang Kota Kudus dari arah Demak itu memiliki bentuk daun tembakau menjadi simbol Kudus sebagai negeri kretek penghasil rokok terbesar di Indonesia.

Setiap unsur bangunannya memiliki filosofi. Bagian atas berbentuk daun tembakau dengan jumlah jari-jari 59 ruas. Angka itu juga dipenuhi dengan arti dan makna tersirat.

Angka 5 adalah lambang rukun Islam karena Kudus dikenal dengan religiusnya. Angka 9 memiliki makna walisongo. Di Kudus, ada dua tokoh walisanga, yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria.

Pada bagian bawah, ada 4 tiang cengkeh sebagai penopang daun tembakau. Itu juga mengandung filosofi 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Foto/gambar selamat datang gerbang masuk Kudus Kota Kretek malam hari
Foto/gambar selamat datang gerbang masuk Kudus Kota Kretek malam hari

Fakta-fakta
Bangunan Gerbang Kudus Kota Kretek dibuat dari bahan stanless steel dan beton berbentuk simetris. Itu menjadi simbol modern Kudus sebagai kota industri, serta religiusitas warganya yang kokoh.

Pondasinya menggunakan tiang pancang. Dinding, balok dan kolomnya dibuat dengan beton bertulang. Fakta selanjutnya, bangunan megah itu dibangun di atas lahan seluas 1.106 meter persegi.

Tinggi bangunan mencapai 12 meter dari permukaan jalan, bentang daun dan lebar gerbang sampai 21 meter dengan panjang daun 48,75 meter. Dengan fakta itu, Gerbang Kudus Kota Kretek diklaim sebagai ikon daerah termegah di Asia.

Rencananya akan ada rest area atau ruang publik di sekitar GKKK. Dengan demikian, pengunjung atau pengendara yang ingin mengambil gambar atau berfoto ria bisa punya tempat khusus.

Misteri dari Gerbang Kudus Kota Kretek yang dipenuhi dengan unsur mistis adalah peresmiannya jatuh pada tanggal 27 April. Hari itu bertepatan dengan dibangunnya Menara Kudus dan Masjid Agung Kudus yang begitu legendaris.

Sejarah, asal-usul atau asal mula berdirinya Gerbang Kudus Kota Kretek adalah untuk membuat ikon atau semacam prasasti yang menunjukkan Kudus dengan segala budaya dan sosialnya sebagai penghasil kretek atau rokok terbesar. (*)

0 Response to "Seputar Gerbang Kudus Kota Kretek, Fakta & Misteri"

Post a Comment