Terkuak! Alasan Juwana Lebih Terkenal Ketimbang Pati

Direktoripati.com – Ternyata banyak orang di luaran sana yang lebih mengenal Juwana ketimbang Pati. Padahal, Juwana adalah kecamatan kecil di bagian timur Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kenapa kecamatan di pesisir utara Jawa ini sedemikian terkenal dan legendaris?

Apakah karena bandeng Juwana yang dikenal sebegitu legendaris? Atau batik bakaran yang dikenal dengan batik tulis klasik warisan budaya Majapahit? Atau ketopraknya yang eksistensinya masih diakui hingga sekarang? Atau kerajinan kuningan yang sudah diakui kualitasnya? Atau letak geografisnya yang strategis sebagai penghasil ikan?

Ratna, salah satu marketing yang bekerja di suatu media besar di Indonesia terkejut ketika tahu bila Juwana adalah kecamatan dari Kabupaten Pati. Ia mengira, Juwana merupakan kota kecil tersendiri dengan penghasilan dan pertumbuhan ekonomi penduduknya yang luar biasa.

Foto ikan bandeng ikon khas juwana pati

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Direktoripati.com mencoba untuk berdialog dengan Saiful Arifin, pengusaha muda asal Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Pati yang memiliki usaha sebagai distributor produk Telkomsel dan pemilik The Safin Hotel.

“Kalau saya lihat dari sisi ekonomi. Pertumbuhan ekonomi di Juwana memang melesat pesat dalam beberapa waktu terakhir,” kata pria yang rencananya mencalonkan diri sebagai wakil bupati Pati pada Pilkada 2017 ini.

Selain itu, Saiful Arifin juga menilai, Juwana kaya akan ragam ikon yang menonjol. Salah satunya, ikan bandeng, batik bakaran, kerajinan kuningan, potensi perikanan, ketoprak, dan segudang ikon lainnya yang menarik perhatian publik.

Dengan potensi ekonomi yang begitu pesat disertai dengan ikon Juwana yang bisa ditonjolkan itulah, daerah yang berbatasan dengan Kota Pati bagian barat dan Kecamatan Batangan ini dinilai punya daya tarik tersendiri bagi publik. Itulah alasan kenapa gaung Juwana lebih terdengar di ibukota Jakarta ketimbang Pati. (*)

1 Response to "Terkuak! Alasan Juwana Lebih Terkenal Ketimbang Pati"

  1. Temen" krj pada ngira kalo juwana adl kab dan pati salah satu kec dari kab jwn,,, hahaha

    ReplyDelete