Syuting Film Saridin Diganggu Gaib, Pemeran Kesurupan & Sound Terbakar!

Direktoripati.com - Syuting film kisah Saridin atau Syekh Jangkung beberapa kali menuai kendala. Salah satunya, gangguan gaib dari makhluk halus hingga pemeran ada yang hampir kesurupan.

Tak hanya itu, sound system yang dipakai untuk kelengkapan suara proses pengambilan gambar terbakar sampai dua kali hingga muncul api. Meski tidak logis, crew mengakui bila makhluk tak kasat mata memang eksis.

Hal itu diakui Ratna, pemain Mbok Branjung. "Waktu syuting adegan di kebun duren di Gembong, saya seperti ada makhluk yang menclok (red: menempel). Tubuh saya nolak, akhirnya tidak jadi kesurupan. Saya muntah-muntah," ungkap Ratna kepada Direktoripati.com, Kamis Malam Jumat, 24 Maret 2016.

Syuting Film Saridin Diganggu Gaib, Pemeran Kesurupan Sound Terbakar

Dari cerita tutur yang berkembang di masyarakat, Desa Selorejo yang menjadi lokasi syuting dianggap angker dan mistis. Tempat itu ada yang meyakini sebagai peninggalan Branjung, kakak ipar Saridin yang dalam cerita ketoprak dibunuh Saridin lantaran dikira seekor macan.

Lokasi itu dipilih dalam syuting, karena hanya tempat itu yang ada pohon duren kembar sehingga cocok dan persis seperti yang ada di cerita ketoprak. Syuting pun berlangsung hingga larut malam. Usai magrib hingga malam itulah bermacam gangguan gaib mulai bermunculan.

"Sound system juga diganggu. Dua kali terbakar hingga muncul asap dan api. Entah itu kesalahan dari crew atau operator yang bisa dijelaskan secara ilmiah atau tidak. Yang jelas, nuansa mistis begitu kental dalam proses syuting film Syeh Jangkung yang menjadi tokoh legendaris ini," tutur Adi Rusmanto yang akrab disapa Kabul usia memerankan sebagai tokoh Branjung.

Kendati gangguan bermunculan, proses pengambilan gambar terus dilakukan. "Kisah Saridin menjadi salah satu warisan peninggalan sejarah dan budaya bagi warga Pati. Itu sebabnya kami punya ide dan inisiatif untuk membuat satu karya kisah Syeh Jangkung dari perpaduan sinematografi dan ketoprak," kata Alman Eko Darmo, wartawan Suara Merdeka yang menjadi sutradara. (her/*)

0 Response to "Syuting Film Saridin Diganggu Gaib, Pemeran Kesurupan & Sound Terbakar!"

Post a Comment