Menguak Surga Tersembunyi di Kecamatan Tlogowungu Pati

Direktoripati.com - Ternyata ada surga tersembunyi di balik keindahan Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang selama ini kita kenal.

Ada banyak hal unik yang bisa ditemukan di kecamatan ini, mulai dari sentra ulat sutra yang dihasilkan dari hamparan kebun murbey yang begitu luas, hutan jati yang menghubungkan Kecamatan Trangkil, buah manggis yang begitu manis menggoda, hingga air terjun Tretes atau Tretes Waterfall.

Lokasi dan peta geografis Kecamatan Tlogowungu berada di bawah lereng Pegunungan Muria bagian timur, tepat pertemuan antara wilayah pegunungan dan dataran rendah Kabupaten Pati.

Di Dukuh Pangonan, Desa Gunungsari, misalnya. Daerah itu dikenal sebagai penghasil manggis terbesar di Pati. Ada lebih dari seribu pohon manggis di sini.

Karena itu, redaksi Direktoripati.com menjuluki desa ini sebagai "Desa Seribu Manggis" atau dalam bahasa Inggris kami sebut sebagai "Mangosteen Thousands Village".

foto surga tersembunyi di kecamatan tlogowungu pati jawa tengah

Belum lagi, ada air terjun tretes yang begitu indah dan memukau mata bagi traveler atau wisatawan. Yang lebih memukau lagi, di sana masih sangat jarang dijamah manusia dan masih banyak ditemukan hewan-hewan liar.

"Ini wilayah Perhutani. Masih jarang dijamah manusia. Masih banyak binatang liar," ujar Joko Widodo, traveler asal Desa Bringin, Kecamatan Juwana saat bincang-bincang dengan Direktoripati.com.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa dengan Jokowi ini juga mengatakan, Dukuh Pangonan menyimpan potensi perkebunan berupa kopi yang tak kalah dengan kualitas kopi khas Jolong di wilayah Kecamatan Gembong.

Pun, jeruk pamelo tumbuh subur di sana. Tak ayal, kawasan yang masih sangat asri dan alami ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bagi traveler.

"Daerah ini juga sering dikunjungi para peneliti dari berbagai perguruan tinggi dari Solo, Yogyakarta, hingga luar Jawa," kata Jokowi.

Sayangnya, daerah ini masih minim pengembangan. Padahal, desa tersebut sangat potensial untuk dijadikan sebagai kawasan agrowisata dengan kekayaan alam yang melimpah, mulai dari manggis, jeruk pamelo, hingga kopi khas bumi Tlogowungu.

"Kita bisa melihat seluruh wilayah di Kabupaten Pati di bagian dataran kalau kita berada di sini. Luar biasa indah. Desanya luas dan terpisah dengan jurang. Benar-benar amazing," imbuhnya.

Dari jantung kota Pati, desa ini bisa ditempuh menggunakan sepeda motor dengan jarak 25 km atau 60 menit. Lumayan jauh, ya? "Mirip seperti wisata di daerah Kulonprogo, Yogyakarta," pungkasnya. (*)

0 Response to "Menguak Surga Tersembunyi di Kecamatan Tlogowungu Pati"

Post a Comment