Mahasiswa asli Pati se-Indonesia sepakat membangun desa

Direktoripati.com - Ratusan mahasiswa asli dari Pati yang tersebar di seluruh Indonesia sepakat membangun desa. Hal itu terlihat dari kegiatan seminar nasional bertajuk "Mahasiswa Membangun Desa" yang diadakan Silaturahmi Mahasiswa Pati (SIMPATI) Jakarta dan sekitarnya di Pendopo Kabupaten Pati, Senin, 7 Februari 2016.

Kegiatan itu dihadiri sekitar 200 mahasiswa asal Pati dari berbagai kampus atau universitas, seperti Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Diponegoro (Undip), UIN Walisongo, Universitas Sultan Agung (Unissula), UIN Sunan Kalijaga, Institut Pertanian Bogor (IPB), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan berbagai organisasi daerah, antara lain KMPP Malang, Jawa Timur, hingga IPMAFA, STAIP dan lain sebagainya.

Seminar itu menghadirkan pembicara Bupati Pati Haryanto dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar yang merupakan putera daerah Pati asal Desa Dukuhseti. Namun, Marwan tak bisa hadir karena alasan ada urusan tugas kenegaraan yang tak bisa ditinggal.

Mahasiswa asli Pati se-Indonesia sepakat membangun desa

Dalam ceramahnya, Haryanto mengatakan bila mahasiswa yang merupakan agen intelektual pembaruan bangsa mesti punya tekad untuk membangun desa. Pasalnya, pembangunan desa dinilai bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas hidup sumber daya manusia (SDM) di desa-desa yang pada akhirnya bisa membangun negeri.

"Mahasiswa harus bisa menjadi pioner dan berada di garda paling depan untuk membangun desa. Mahasiswa adalah generasi yang membangun negeri pada 10 hingga 20 tahun mendatang. Mereka yang nantinya menjadi kepala desa, camat, bupati, menteri, pengusaha, dan lainnya," ujar Haryanto saat bincang-bincang dengan Direktoripati.com usai mengisi seminar.

Ia menambahkan, program pembangunan desa yang menjadi bagian dari nawacita Presiden Jokowi selaras dengan program "Noto Projo Mbangun Deso" yang ia canangkan. Karena itu, ia berharap agar mahasiswa asal Pati yang tersebar di perguruan tinggi di seluruh Indonesia bisa ikut membangun negeri melalui desa. (mel/*)

0 Response to "Mahasiswa asli Pati se-Indonesia sepakat membangun desa"

Post a Comment