Hari valentine tanggal berapakah? 14 Februari atau 3 Maret?

Direktoripati.com - Ada yang bertanya soal sejarah Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang sedunia. "Hari Valentine tanggal berapakah? 14 Februari atau 3 Maret?"

Saat ini, umat manusia di dunia merayakan valentine day pada 14 Februari. Namun, jika kita mau telisik sejarah lebih dalam, ada beberapa versi asal usul dan sejarah valentine day.

Pertama, kisah yang lazim ditemui di berbagai literasi di mana sejarah awalnya untuk memperingati kematian tokoh martir atau orang suci bernama Saint Valentine.

Pada zaman kekaisaran Roma kuno. Saat itu, tentara dilarang untuk menikah karena dikhawatirkan membuat tentara canggung dan setengah hati dalam menjalankan tugas keprajuritannya.

sosok asli wajah tokoh saint valentine hari kasih sayang
Dengan tidak menikah, tentara tidak takut akan keluarganya baik istri dan anaknya. Dengan begitu, ia tidak takut dalam menjalankan tugas sebagai seorang tentara di medan manapun dan kapanpun.

Suatu ketika, tokoh bernama Saint Valentine secara diam-diam menikahkan para tentara. Karena ketahuan pemerintahan, martir ini ditangkap, dipenjara untuk nantinya dieksekusi.

Ternyata, dia terlibat dengan romantisme cinta dengan anak sipir penjara. Sampai eksekusi tiba, Saint Valentine kemudian menuliskan sepucuk surat dengan tanda tangan "Your Valentine".

Sejak peristiwa itu, tanggal 14 februari diperingati sebagai hari valentine dengan berbagi kasih sayang melalui coklat, surat, bunga mawar merah, cupid atau cupidon atau dalam bahasa Indonesia kupido, cincin, baju, dan lainnya.

3 maret
Sebuah buku puisi berjudul Parliament of Fowls yang terbit pada tahun 1382, seorang penulisnya bernama Chaucer mengarang bahwa Valentine's Day dirayakan pada tanggal 3 Mei, bukan 14 Februari.

Dari informasi yang dihimpun Direktoripati.com, seorang penulis tersebut menyebut, 3 Mei menjadi momentum di mana semua burung memilih pasangannya dalam setahun. Tak lama setelah itu, banyak orang kemudian merayakan valentine sebagai hari kasih sayang.

Santo Valentine, tokoh suci itu dikatakan penulis meninggal pada 3 Mei. Namun, orang-orang pada waktu itu memang tidak akrab dengan sosok yang ditulis Chaucer.

Mereka lebih familier dengan kisah tokoh Valentine dari ROma dan Terni yang meninggal dieksekusi pada 14 Februari.

Sekarang kita menjadi tahu, hari valentine jatuh pada tanggal berapakah? Semua berpijak pada sejarah, asal usul, cerita dan kisah tentang hari kasih sayang. (*)

0 Response to "Hari valentine tanggal berapakah? 14 Februari atau 3 Maret?"

Post a Comment