11 Desa di Pati Diberdayakan PT Indocement dengan 5 Pilar CSR

Direktoripati.com - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk ternyata selama ini sudah memberdayakan 11 desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah melalui 5 pilar program Corporate Social Responsibility (CSR) yang meliputi bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial budaya dan keamanan.

Sebelas desa itu mencakup Kecamatan Kayen dan Tambakromo. Salah satu pemberdayaan yang dilakukan, antara lain bidang pertanian, pelestarian lingkungan, peternakan, pembentukan koperasi, hingga pembangunan infrastruktur.

Di bidang pendidikan, PT Indocement sudah beberapa kali memberikan bantuan infrastruktur dan renovasi sekolah, pelatihan, hingga program anak asuh.

Foto Hammingbird Hawk Moth

Di bidang ekonomi, Indocement sudah membentuk koperasi pemberdayaan masyarakat (KPM) yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mengelola koperasi yang baik sesuai dengan asas kekeluargaan.

Melalui koperasi tersebut, warga diharapkan bisa mengetahui bagaimana mengelola, mencatat, dan membukukan laporan keuangan yang tepat.

Tak ketinggalan, sarana air bersih untuk membantu masalah kekeringan di wilayah Pati selatan juga menjadi perhatian Indocement. Pasalnya, Pati selatan acapkali dilanda kekeringan saat musim kemarau tiba.

CSR Division Manager Indocement Sahat Panggabean melalui siaran pers yang diterima Direktoripati.com, Senin (22/2/2016) mengatakan, Indocement selama ini berupaya maksimal untuk meningkatkan mutu dan kualitas kehidupan masyarakat di Pati melalui program CSR.

"Program CSR Indocement bertujuan untuk merancang kehidupan masyarakat Pati yang bermutu supaya ada peningkatan kesejahteraan. Dengan begitu, kemandirian hidup warga bisa terwujud. Itu menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat," kata Sahat.

Quarry Life Award
PT Indocement sendiri sedari awal memang punya komitmen untuk melestarikan lingkungan. Salah satunya dengan penyelenggaraan Quarry Life Award (QLA) 2016.

Kegiatan itu menjadi ajang kompetisi ilmiah di bidang pendidikan yang berhubungan dengan keanekaragaman hayati untuk pelajar, mahasiswa, peneliti, akademisi, institusi riset, hingga yayasan yang fokus pada penelitian di lokasi tambang Indocement atau dikenal dengan quarry.

"Tujuan utama dari Quarry Life Award adalah pendidikan yang berdasarkan pada pelestarian lingkungan dan kepedulian terhadap keanekaragaman hayati," kata Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya.

Saat ini, Indocement memang tengah fokus pada keanekaragaman hayati untuk melakukan rehabilitasi pada areal pertambangan, mendukung perlindungan alam, pertanian, hutan, pemukiman, bahkan kelestarian seluruh ekosistem di sekitarnya. (eka/*)

0 Response to "11 Desa di Pati Diberdayakan PT Indocement dengan 5 Pilar CSR"

Post a Comment