Soto Kemiri Khas Pati: Sejarah, Manfaat & Resep Rahasia

Soto kemiri adalah kuliner khas Pati yang melegenda dari zaman ke zaman, bukan hanya dikenal warga bumi mina tani saja, tetapi juga warga di seluruh Indonesia. Cita rasa dan kelezatannya membuat menu ini menjadi resep dan sajian Nusantara yang menggugah selera.

Banyak sekali pertanyaan dari pembaca yang dikirimkan kepada kami, redaksi Direktoripati.com terkait dengan Soto Kemiri Khas Pati ini, mulai dari sejarah, manfaat, resep dan bumbu-bumbu rahasia, cara membuat di rumah sendiri, hingga sebuah pertanyaan yang harus dijawab: Soto kemiri paling enak di Pati di mana?

Dari beragam pertanyaan yang muncul itulah, redaksi Direktoripati.com terinspirasi untuk menjawab satu per satu pertanyaan yang disajikan dalam bentuk satu artikel utuh agar bisa dijadikan referensi terbaik saat berburu kuliner di Kota Seribu Paranormal ini.

Soto Kemiri Khas Pati

Sejarah
Harus diakui, sejarah Soto Kemiri sampai saat ini masih simpang siur. Banyak yang berpendapat, asal-usul Soto Kemiri bermula dari sebuah zaman di Kadipaten Pati di mana banyak warga yang tidak sanggup membeli ayam atau daging untuk membuat soto, sehingga bumbu kemiri menjadi penggantinya.

Ada pula yang berpendapat, Soto Kemiri berasal dari Dukuh Kemiri, Desa Sarirejo, Kecamatan Pati Kota yang dulu menjadi hutan rempah-rempah kemiri. Hutan ini dibabat menjadi sebuah daerah yang sampai saat ini dikenal dengan nama "kemiri".

Sebuah olahan soto dari kampung kemiri itulah kemudian dikenal dengan "Soto Kemiri". Cita rasanya yang menggugah selera menjadi menu yang digemari warga sampai zaman modern sekarang ini.

Konon, soto kemiri menjadi menu andalan para pekerja dan petani di Pati. Namun, saat ini kuliner ini justru menjadi menu andalan di kalangan elite pejabat. Meski harganya masih terjangkau untuk dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Dalam acara halal bihalal Idul Fitri yang digelar Bupati Pati dan jajaran pejabat di Pendopo Kabupaten Pati, soto kemiri selalu menjadi menu andalan berdampingan dengan sego gandul.

Manfaat
Dilihat dari bahan-bahan dan bumbunya, seperti cambah atau kecambah atau taoge, ayam kampung, kemiri, bawang merah dan bawang putih, tentu membuat Soto Kemiri menjadi kaya akan manfaat.

Dilihat dari bumbu khasnya, yaitu kemiri, kuliner ini tentu kaya akan serat, vitamin E, dan sejumlah mineral seperti tembaga dan magnesium. Meski 53 persen buah kemiri merupakan lemak, tetapi lemak kemiri tidak jenuh sehingga diklaim bisa menurunkan kadar LDL, mencegah penggumpalan darah yang sering menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Daging ayam kampung kaya akan protein. Sementara itu, taoge dipercaya untuk kesuburan kaum pria atau lelaki. Bagaimana? Manfaat soto kemiri hebat sekali, bukan?

Resep dan cara membuat
Kalau Anda ingin membuat soto kemiri di rumah sendiri, sangat mudah dan gampang. Berikut resep dan bumbu-bumbu rahasia yang harus dipersiapkan!

Bahan-bahan utama
Ayam kampung
Daun salam
Minyak digunakan untuk menumis
Jahe yang dimemarkan
Air secukupnya

Bumbu-bumbu (dihaluskan/diulek)
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Kencur
Kunir/kunyit
Garam
Penyedap rasa (kalau perlu)

Bahan pelengkap
Kecambah atau taoge
Bawang goreng
Daun seledri

Cara membuat
  1. Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe yang dimemarkan dan daun salam. Masukkan ayam sampai matang, angkat dan tiriskan dan sisihkan kaldunya.
  2. Daging ayam disuwir-suwir menjadi bagian-bagian yang sangat tipis dan kecil
  3. Tumis bumbu-bumbu di atas yang sudah diulek atau dihaluskan hingga berbau harum, tambahkan kaldu ayam hingga mendidih.

Penyajian
  1. Nasi ditaruh dalam mangkok, taburi kecambah atau taoge dan suwiran ayam
  2. Tuangkan kuah yang sudah dibuat tadi
  3. Taburkan bawang goreng dan seledri

Resep/cara penyajian rahasia
Saat berkunjung ke beberapa warung, Direktoripati.com sempat melihat cara penyajian yang berbeda dan unik. Kuah soto yang sudah dimasukkan ke dalam mangkuk kecil, dikembalikan lagi ke panci kuah, kemudian diberikan kuah lagi dari panci kuah yang sama.

Ada yang mengatakan, ini dengan cara dikopyok. Namun, sebetulnya kuah yang sudah terlanjur dituangkan di mangkok dikembalikan ke panci kuah, lalu dituangkan dalam mangkok.

Soto kemiri paling enak di Pati
Di mana tempat atau warung soto kemiri paling enak di Pati? Warung soto yang pernah disinggahi Direktoripati.com, antara lain di Jalan Kyai Saleh atau sebelah utara SMPN 8 Pati.

Di sana, semuanya lengkap. Sajian ayam ungkep yang sedap ada. Sate telur ada. Sate usus dan jeroan ada. Ditemani teh panas, rasanya jelas mantap! Cara penyajian di warung itu juga terbilang unik, yaitu kuah dikembalikan dari mangkuk ke panci berulang kali seperti yang dijelaskan di atas.

Tapi, kami harus bilang: semua warung soto di Pati sudah dipastikan enak. Di sepanjang jalan di wilayah Pati Kota sudah dipastikan terdapat soto kemiri dan nasi gandul.

Harga cukup murah dan terjangkau, redaksi Direktoripati.com pernah datang rombongan sebanyak 6 orang. Masing-masing orang makan dua porsi (12 mangkok) dengan mengambil daging ayam ungkep, sate telur, sate jeroan, plus minuman jeruk panas.

Semua cuma habis Rp 98 ribu! Murah meriah sekali bukan? Selamat menjelajah dan wisata kuliner di Pati Bumi Mina Tani! (*)

0 Response to "Soto Kemiri Khas Pati: Sejarah, Manfaat & Resep Rahasia"

Post a Comment