Pati Penghasil Garam Terbesar di Indonesia, Ini 4 Sentra Produksinya

Kabupaten Pati merupakan daerah penghasil garam terbesar pertama di Jawa Tengah dan nomor dua di Indonesia. Adapun 4 kecamatan yang menjadi sentra menghasilkan garam, antara lain Kecamatan Juwana, Batangan, Wedarijaksa dan Trangkil.

Ketua Koordinasi Tim Penanggulangan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) Pati Sutrisno kepada Direktoripati.com mengatakan, sedikitnya ada 94 industri kecil menengah (IKM) di Pati yang memproduksi garam. "Kecamatan Juwana ada 33 IKM, Wedarijaksa dan Batangan sebanyak 23 IKM dan Trangkil 14. Totalnya ada 94 industri garam," tuturnya.

Pati Penghasil Garam Terbesar di Indonesia, Ini 4 Sentra Produksinya
Karena itu, petani garam di Pati saat ini diminta untuk menyesuaikan standar garam dengan kadar yodium 30 ppm agar tidak membahayakan untuk anak-anak dan konsumen. Hal ini ditekankan National Program Officer Micronutrient Initiative (MI) Rozy Afrial.

"Kalau tidak ada aturan tegas soal kadar minimal yodium 30 ppm, garam justru tidak baik untuk perkembangan anak dan generasi bangsa. Ini yang akan terus kami antisipasi," kata Rozy kepada Direktori Pati.

Untuk mengantisipasi itu pula, sejumlah inspeksi mendadak (sidak) juga dilakukan berbagai pihak. Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Jawa Tengah, misalnya. Lembaga itu bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) seringkali menggelar sidak untuk memeriksa kadar yodium garam yang di Pati benar-benar sudah sesuai standar.

Sebagian besar jenis produk garam yang dihasilkan, di antaranya berbentuk briket, halus dan krosok.

Peraturan daerah dan hukum
Perda Nomor 9 Tahun 2008 tentang Konsumsi Garam Beryodium berbunyi: "Setiap orang atau badan hukum yang memproduksi dan mendistribusikan garam konsumsi tidak beryodium akan dikenakan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta."

Sedemikian ketat pengawasan garam dari Pati sampai ada aturan hukum yang mengaturnya. Meski berupa Perda, tetapi aturan itu berlaku efektif.

(Baca informasi lainnya: Ini Daerah Sentra Tembakau dari Pati yang Diekspor ke Amerika dan Arab Saudi)

0 Response to "Pati Penghasil Garam Terbesar di Indonesia, Ini 4 Sentra Produksinya"

Post a Comment