Gara-gara Bulan Purnama, Jembatan Sampang Jebol

bulan purnama
Direktoripati.com -- Gara-gara bulan purnama, tanggul yang digunakan untuk menahan air dari lokasi pembangunan pondasi tiang pancang Jembatan Sampang berkonstruksi baja yang menghubungkan Desa Tondomulyo Kecamatan Jakenan dan Desa Purworejo Kecamatan Pati jebol, Senin, 28 September 2015.

Kenapa bulan purnama bisa menyebabkan tanggul itu jebol? Apakah ada unsur mistis, gaib, angker, wingit atau hal-hal yang berkaitan dengan makhluk halus? Atau kejadian ini bisa dijelaskan secara ilmiah menggunakan sains?

Begini jawabannya. Untuk membangun tiang pancang, dibutuhkan ruang kosong tanpa air. Karena itu, dibuat tanggul untuk menahan dan membatasi air sungai agar tidak masuk ke dalam ruang kosong yang akan dibangun tiang pancang itu.

Saat bulan purnama, air laut pasang hingga menyodok di wilayah hulu. Akibatnya, terjadi tekanan dan pusaran air yang lebih besar ketimbang biasanya.

Hal itulah yang menyebabkan kisdam jebol. Kisdam adalah penahan air yang biasanya digunakan untuk menahan arus sungai saat ada pembangunan jembatan.

"Selain bulan purnama yang menyebabkan air laut pasang hingga menyodok ke hulu, sepertinya tanah yang menguruk kisdam mulai jenuh dan perlahan terkena rembesan air," ujar General Manager (GM) PT Marga Karya Pati Budi Santoso kepada Direktoripati.com.

BACA JUGA: Anak itu Halus dan Polos! Siswa SD di Pati Shalat Gaib Doakan Korban Tragedi Mina dan Teteskan Air Mata

Meski begitu, proyek pembangunan jembatan Sampang akan diupayakan selesai sesuai dengan kontrak.

0 Response to "Gara-gara Bulan Purnama, Jembatan Sampang Jebol"

Post a Comment