Ini Daerah Penghasil Tembakau di Pati Kualitas Ekspor

Daerah penghasil tembakau di Kabupaten Pati Jawa Tengah, antara lain Desa Gadudero, Kecamatan Sukolilo dengan luas 8 hektare, Desa Baleadi Sukolilo luasnya 149,5 hektare, dan Kampung Mojoagung, Pucakwangi seluas 5 hektare. Kualitasnya dinilai layak ekspor Amerika dan Arab Saudi.

Selain daerah tersebut, wilayah pertanian yang cukup potensial untuk menanam tembakau di Pati, di antaranya Desa Kasiyan, Kecamatan Sukolilo seluas 5 ha, Srikaton Kayen 5 ha dan Jimbaran Kayen 5 ha.

Adnan, seorang pengepul tembakau kepada Direktoripati.com mengatakan, daun tembakau asal Pati punya kualitas, kelebihan dan keunggulan tersendiri. Yakni, daunnya tebal sehingga cocok sebagai komoditas ekspor ke pasar Amerika dan Arab Saudi.

Ini Daerah Penghasil Tembakau di Pati Kualitas Ekspor
Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengaku kaget dengan hasil panen tembakau yang menggembirakan. Padahal, panen dilakukan saat kekeringan panjang melanda.

"Ini anugerah luar biasa. Di tengah kekeringan panjang, ternyata petani masih bisa panen tembakau dengan hasil yang memuaskan. Kualitasnya dinilai laik ekspor di pasar Amerika dan Arab karena daunnya tebal," katanya.

Baca berita terkait: Ini 4 Sentra Penghasil Kedelai di Pati Jateng Indonesia

Karena itu, ia berharap agar petani bisa menangkap peluang atau potensi pertanian di Pati berupa tembakau. Saat ini, sentra penghasil tembakau terbesar di Indonesia masih dikuasai Kudus, Kediri, Temanggung, dan Minahasa.

0 Response to "Ini Daerah Penghasil Tembakau di Pati Kualitas Ekspor"

Post a Comment