4 Daerah Penghasil Kedelai Terbesar di Kabupaten Pati

Direktoripati.com - Empat daerah yang menjadi sentra penghasil kedelai terbesar di Kabupaten Pati Jawa Tengah adalah Kecamatan Gabus, Margorejo, Kayen dan beberapa di antaranya Tambakromo.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Pati Mochtar Effendi kepada Direktoripati.com mengatakan, petani di Pati masih bisa bertahan dan panen raya meskipun dilanda kekeringan panjang.

"Meski kekeringan lantaran musim kemarau, petani di Pati masih bisa panen raya kedelai dengan hasil yang menggembirakan, yakni mulai dari 1,8 ton per hektare hingga 2,8 ton per hektare," kata Mochtar.

4 Daerah Penghasil Kedelai Terbesar di Kabupaten Pati
Tak hanya soal kapasitas panen, kualitas kedelai yang dihasilkan juga cukup menggembirakan. Panen di Desa Babalan, Kecamatan Gabus misalnya. Kedelai varietas Grobogan yang ditanam sangat bagus dan layak dijual sesuai dengan harga benih.

Namun, lagi-lagi petani minim apresiasi. Mereka mengeluh, karena kedelai yang mereka jual biasanya lebih rendah dari harga benih.

Karena itu, sejumlah petani berharap agar pemerintah bisa menetapkan harga pembelian pemerintah (HPP) setiap kali panen raya kedelai agar petani tidak merugi.

Baca berita unik: Tanaman Bunga Melati Berbuah Anggur Hebohkan Warga Juwana

Demikian berita informasi seputar pertanian di Pati dengan judul Empat Daerah Penghasil Kedelai Terbesar di Pati, yaitu Kecamatan Gabus, Margorejo, Kayen dan Tambakromo. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menggali potensi pertanian di Pati.

0 Response to "4 Daerah Penghasil Kedelai Terbesar di Kabupaten Pati"

Post a Comment