Babi Ngepet Tertangkap Warga Pati, Ada Soal Pesugihan?

Babi ngepet tertangkap warga Dukuh Kincir Tengah, Desa Langenharjo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kamis, 10 September 2015 sekitar pukul 05.30 WIB. Apakah ada soal pesugihan?

Jika memang babi hutan atau celeng yang ditemukan warga tersebut adalah babi ngepet, maka sudah dipastikan ada kaitannya dengan pesugihan untuk mencari uang dan perhiasan emas dengan cara instan dan tidak halal.

Namun, sampai saat ini belum ada yang memastikan apakah babi alas tangkapan warga itu apakah benar-benar hewan atau binatang jadi-jadian. Saat dimintai keterangan Direktoripati.com, Kabid Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertannak) Pati Nikentri Meiningrum belum bisa memastikan, karena belum melakukan pengecekan.

Babi Ngepet Tertangkap Warga Pati, Ada Soal Pesugihan
"Dicek secara fisik dulu, apakah ada kejanggalan atau tidak. Telusuri, jangan-jangan itu babi peliharaan yang lepas dari kandang. Aneh kalau ada babi hutan di tengah-tengah pemukiman yang tidak ada hutannya," kata Nikentri.

Sejumlah warga setempat ada yang menyakini bahwa hewan itu babi jadi-jadian, mengingat secara geografis tidak memungkinkan ada babi berkeliaran di daerah tersebut. Tanto, warga setempat mengatakan, bagian timur adalah laut dan arah lainnya dikepung pemukiman. Karenanya, sejumlah warga menganggap binatang berhidung pesek itu benar-benar babi jadi-jadian.

Baca berita unik: Pohon Buah Mistis Terlangka di Dunia Ditemukan di Pati, Pertanda Apa?

Kronologi penangkapan babi
Saat itu, sekitar 5 warga setempat mendapati dua ekor babi yang berkeliaran di pinggiran sawah. Melihat itu, warga secara spontan mengejar dan melakukan penangkapan.

Satu babi tertangkap, satu lagi berhasil kabur dan lolos dari kejaran warga. Satu babi yang diamankan sehari penuh menjadi tontonan warga.

Pesugihan
Babi ngepet dalam pengetahuan manusia Jawa dikenal sebagai hewan jadi-jadian yang merupakan jelmaan dari manusia penganut ilmu hitam yang mencari pesugihan atau cara cepat kaya dengan instan.

Biasanya, pesugihan babi ngepet didapatkan dari tempat-tempat keramat yang dianggap bisa memberikan kekayaan dengan cara instan. Lilin dan air menjadi media untuk beroperasi di malam hari.

Adapun barang yang diambil, biasanya berupa uang dan perhiasan emas. Ilustrasi babi ngepet sudah sering diputar di film-film, sinetron, hingga novel.

Namun, temuan babi hutan di Juwana tersebut belum bisa dipastikan apakah benar-benar binatang jadi-jadian atau memang hewan celeng peliharaan yang kabur dari kandangnya.

Baca berita sejarah: Menguak Mitos dan Fakta Sejarah Kabupaten Pati

0 Response to "Babi Ngepet Tertangkap Warga Pati, Ada Soal Pesugihan?"

Post a Comment