Pohon Mistis Terlangka di Dunia Ditemukan di Pati

Pohon terlangka di dunia ternyata ditemukan di Kabupaten Pati, tepatnya Desa Randukuning, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati Kota, Jawa Tengah, Indonesia. Pohon mistis berbau klenik itu lazim disebut Kleco, kleca, klego atau culiket.

Menurut cerita tutur warga Randukuning, pohon kleco itu sempat menjadi persinggahan Raden Umar Said atau Sunan Muria saat singgah di daerah itu untuk sholat, termasuk mendirikan langgar (mushola/tempat ibadah). Beberapa sumber juga menyebut, Kanjeng Sunan Kalijaga sempat menyebarkan agama Islam di daerah tersebut.

Di kawasan pohon tersebut, masyarakat biasanya menggelar acara selamatan sedekah bumi setiap setahun sekali. Kondisi tanaman tersebut sudah terbungkus dengan beringin besar dan beberapa dibalut pohon kenari. Namun begitu, wit culiket itu masih berbuah hingga sekarang. Menakjubkan.

Pohon Mistis Terlangka di Dunia Ditemukan di Pati
Dalam bahasa ilmiah-latin (biologi), pohon kleco disebut dengan Diospyros malabarica. Tumbuhan ini termasuk ke dalam anggota suku eboni-ebonian, sejenis sawo.

Di Pulau Jawa dan Bali, pohon kleco dianggap keramat, mistis, klenik, angker, wingit, dan berbau makhluk halus. Tidak banyak yang mengulas seputar tumbuhan culiket ini.

Buah kleco berbentuk bulat dengan ukuran telur ayam Jawa berwarna kuning matang bercampur orange. Buahnya tidak bisa dimakan dan manfaat kayu culiket biasa digunakan untuk mewarnai kain agar berwarna hitam.

Namun, reporter Direktoripati.com sempat mencicipi buah kleco pada bagian bijinya yang empuk dan anyir. Rasanya manis. Tapi, buahnya secara keseluruhan tidak bisa dimakan.

BERITA lainnya: Menyimpan Misteri, Makam Mbah Syeh Mutamakkin Kajen Jadi Wisata Religi

Dari sumber Direktoripati.com menyebutkan, pohon kleco merupakan tumbuhan yang dikenal sebagai "Pohon Raja" di mana dulu selalu ada di setiap Istana Kerajaan. Namun, data literer soal ini sulit ditemukan.

Pada faktanya, dunia akademisi mengakui bahwa buah culiket adalah tanaman terlangka di Nusantara-Indonesia, bahkan dunia. Tak banyak yang mengulas seputar tumbuhan mistis ini.

0 Response to "Pohon Mistis Terlangka di Dunia Ditemukan di Pati"

Post a Comment