Daftar Situs Makam di Desa Randukuning dan Kaborongan Pati Lor

Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati Kota menyimpan banyak situs makam, petilasan dan peninggalan leluhur. Tradisi sedekah bumi digelar setiap setahun sekali di tempat-tempat bersejarah tersebut, yakni di Desa Randukuning, Kaborongan dan Saliyan.

Pada bulan Apit dalam kalender Jawa, tepatnya Agustus 2015, redaksi Direktoripati.com diberikan kesempatan Kepala Lurah Pati Lor Adi Rusmanto untuk mengikuti parade budaya dan tradisi dengan menggelar sedekah bumi di tempat-tempat yang dikeramatkan warga sekitar.

Dari liputan tersebut, redaksi Direktori Pati mencatat ada 6 makam dan jejak situs pelitasan di Desa Randukuning dan Kaborongan, Kelurahan Pati Lor. Adapun keenam situs tersebut, antara lain sebagai berikut:

Daftar Situs Makam di Desa Randukuning dan Kaborongan
Sedekah bumi, warga setempat sedang di situs Gong Watu, Randukuning
Makam Adipati Tombronegoro
Makam Tombronegoro berada di Kampung Kaborongan RT 1 RW 1. Adipati ini tercatat dalam cerita tutur dan Babad Pati sebagai anak Adipati Kembangjoyo.

Tombronegoro memindah pusat kerajaan dari Kemiri ke Kaborongan, bersamaan dengan nama Kadipaten Pesantenan menjadi Kadipaten Pati.

Petilasan Ki Ageng Penjawi
Warga mengenalnya sebagai makam Mbah Brimbing Keris Penjawi yang berlokasi di alamat Desa Mborongan, RT 10 RW 1.

Namun, sejumlah sejarawan asal Pati mengatakan bahwa tempat tersebut dimungkinkan sebagai petilasan, bukan makam. Oleh warga setempat, makam ini dikeramatkan dan dianggap arwah Ki Ageng Penjawi ada di sini. Selengkapnya, baca: Menelusuri Jejak Makam Ki Ageng Penjawi

Makam Mbah Gantang
Situs ini terletak di Kaborongan RT 4 RW 1 dengan tumpukan bata-bata kuno tanpa atap. Warga menyakini, Mbah Gantang adalah salah satu tokoh punggawa dari kerajaan Pati.

Dari penelusuran Tim Sejarah Direktoripati.com, Mbah Gantang hidup pada era Penjawi dan menjadi salah satu Ki Gede di daerah Gantangan saat Wasis Joyokusumo menghilang entah ke mana pasca penyerangan terhadap Mataram.

Ki Gede Gantangan adalah sosok guru agama yang memiliki sejumlah santri. Ia dihormati pada masanya dan sering dimintai pendapat dari Ki Gede lainnya, seperti Ki Gede Jiwonolo, Plangitan, Soko, dan lain sebagainya.

Situs Watu Gong
Situs ini berlokasi di Desa Randukuning RT 8 RW 3 dan warga lazim menyebutnya Gong Watu.

Ada banyak versi dari sejarah Watu Gong di Kelurahan Pati Lor ini. Namun, warga setempat menyakini situs gong watu adalah gamelan yang dikutuk menjadi batu. Hal ini terjadi pada era sesepuh Dukuh Randukuning, yaitu Rondo Kuning.

Makam Troyudo
Makam Mbah Troyudo berada di Desa Randukuning RT 5 RW 3. Ia diyakini sebagai leluhur warga setempat.

Pohon keramat kleco
Pohon tua ini terletak di Kampung Randukuning RT 9 RW 3. Warga yakin, tempat ini dulunya menjadi persinggahan Sunan Muria untuk wudlu, solat, dan mendirikan masjid.

Menurut informasi hasil penelusuran Tim Sejarah Direktoripati.com, pohon kleco menyimpan misteri sebagai tanaman langka di dunia. Selengkapnya, baca berita: Pohon Kleco di Pati Adalah Tumbuhan Terlangka di Dunia

Demikian daftar situs makam dan peninggalan leluhur di Desa Randukuning dan Kaborongan, Kelurahan Pati Lor. Sementara itu, Desa Saliyan belum ditemukan situs peninggalan. Saat sedekah bumi, warga Saliyan hanya menggelar kajatan umum di Balai RW.

Dalam kesempatan lain, redaksi Direktori Pati akan mengulas satu per satu makam dan petilasan tersebut secara lebih detail dengan memperhatikan aspek sejarah. Sebetulnya, daerah-daerah tersebut sangat cocok dijadikan sebagai obyek wisata budaya di Kabupaten Pati.

0 Response to "Daftar Situs Makam di Desa Randukuning dan Kaborongan Pati Lor"

Post a Comment