Jual Burung Hantu, Orang Ini Terancam Denda Rp 10 Juta

Direktoripati.com - Salah seorang pengguna media sosial (medsos) di Pati menggungah gambar burung hantu jenis Tyto Alba dengan menjualnya seharga Rp 200 ribu. Akun tersebut terancam mendapatkan denda dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati paling banyak Rp 10 juta.

"Belok hor Lur, 200 nego sitik. Minat hubungi 087733xxx." Begitu tulis salah seorang akun pengguna media sosial asal Pati tersebut (nama akun tidak disebut).

Padahal, berburu, membunuh, termasuk memperjualbelikan burung hantu dilarang Pemkab yang diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 56 Tahun 2014 tentang Perlindungan dan Pengembangan Burung Hantu di Kabupaten Pati.

Baca berita terkait: Desa Babalan Menjadi Pusat Penangkaran Burung Hantu Tyto Alba

Jual Burung Hantu, Orang Ini Terancam Denda Rp 10 Juta
Burung hantu jenis Tyto Alba. (Direktori Pati Images)
Aturan tersebut dibuat untuk menyelamatkan populasi burung hantu sebagai predator alami tikus yang hampir punah di kawasan Pati.

Karena itu, siapapun yang menjual atau membeli burung hantu bisa dikenakan sanksi hukum berupa administrasi sebesar Rp 10 juta.

"Siapapun yang memburu, menjual, membeli, apalagi membunuh burung hantu Tyto Alba sebagai predator tikus akan dikenakan denda Rp 10 juta," ujar Nikentri Meiningrum, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman Dispertannak Pati beberapa waktu lalu.

Penjualan burung hantu di Pati diperbolehkan dengan tujuan penangkaran atau ternak yang dikelola lembaga masyarakat untuk keperluan membasmi hama tikus. Pasalnya, burung hantu dinilai efektif memberantas hama tikus.

Hal ini harus diperhatikan warga Pati bersama agar mengetahui aturan soal larangan memperjualbelikan dan memburu burung hantu di Pati. Pemkab Pati juga harus gencar melakukan sosialisasi Perbup tersebut agar diketahui masyarakat.

Dengan begitu, substansi hukum (legal substance) dari Perbup yang melarang memburu dan memperjualbelikan burung hantu bisa menjadi budaya hukum (legal culture) di masyarakat Pati, Jawa Tengah.

Baca berita lainnya: Batu Jala Sutra, Mutiara Terpendam dari Pegunungan Kendeng

0 Response to "Jual Burung Hantu, Orang Ini Terancam Denda Rp 10 Juta"

Post a Comment