Arti Makna Lebaran Idul Fitri Sesungguhnya

Arti Makna Lebaran Idul Fitri Sesungguhnya
Lebaran sudah tiba. Kegembiraan segera meluap bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun, apa arti dan makna lebaran idul fitri sesungguhnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, redaksi Direktoripati.com menghubungi budayawan sekaligus agamawan asal Pati Habib Anis Sholeh Ba'asyin.

Dalam berita: Kementerian Agama (Kemanag) RI memutuskan Hari Raya Idul Fitri 2015 untuk umat Islam di Indonesia jatuh pada hari Jumat, 16 Juli 2015 besok.

Apa arti dan makna Lebaran Idul Fitri sesungguhnya?
"Idul Fitri itu makna awalnya adalah perayaan kembali dalam kehidupan sehari-hari manusia, setelah selama Ramadan bertapa.

Tampaknya makna itu sejalan dengan makna awal kata Lebaran dalam bahasa Indonesia atau kata bakdo dalam tradisi Jawa. Keduanya bermakna sama, yaitu selesai.

Bagi umat Islam, mestinya ini berarti mereka sudah keluar dari jihad besar melawan diri sendiri yang seharusnya mampu dimenangkan umat Islam.

Apabila seorang Muslim mampu menyelesaikan Ramadhan dan memenangkan peperangannya dengan diri sendiri (red: puasa menahan makan, minum, dan syahwat atau hawa nafsu), maka seharusnya ini akan menciptakan umat Islam yang lebih baik dan produktif dalam mengelola sejarah.

Dan, itu sekaligus berarti bangsa Indonesia akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Demikian arti makna Lebaran Idul Fitri sesungguhnya menurut pandangan budayawan dan agamawan Muslim Habib Anis Sholeh Ba'asyin. Semoga bermanfaat dan menjadi refleksi bagi umat Islam untuk menjadi lebih baik.

0 Response to "Arti Makna Lebaran Idul Fitri Sesungguhnya"

Post a Comment