Desa Babalan Gabus Jadi Surga Burung Hantu

GABUS, Direktoripati.com - Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah menjadi surga bagi burung hantu jenis Serak Jawa atau dikenal dengan Tyto Alba.

Burung hantu dikenal sebagai burung yang menjadi pertanda kematian bagi sejumlah kalangan mitologis. Dalam dunia fantasi Harry Potter, burung hantu berperan penting dalam mengantarkan surat.

Beda halnya yang terjadi di Desa Babalan, Kecamatan Gabus. Burung hantu jenis Serak Jawa (Tyto Alba) justru dimanfaatkan sebagai fauna alami yang berperan sebagai predator pemangsa tikus sawah.

Desa Babalan Gabus Jadi Surga Burung Hantu
Baca juga berita terkait: Ngeri, Warga Desa Purworejo Kecamatan Pati Temukan 8 Tikus Sawah dengan Ekor Menempel Jadi Satu

Hal ini disebabkan banyaknya populasi tikus di Pati yang semakin tidak terkendali. Untuk mengatasi hal tersebut, Desa Babalan dijadikan sebagai tempat penangkaran burung hantu.

Ya. Redaksi Direktoripati.com kemudian menyematkan julukan Desa Babalan sebagai surga burung hantu. "Berhubung Desa Babalan saat ini menjadi rekomendasi pelatihan penangkaran Tyto Alba di Jawa Tengah dan memang terbukti berhasil, kami memberikan julukan Desa Babalan sebagai surga burung hantu," ujar Chief Executive Office (CEO) Direktoripati.com Lismanto.

Sementara itu, Wrin Driatmoko dari Balai Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Jawa Tengah mengatakan, desa babalan menjadi rujukan atau desa referensi bagi siapapun yang ingin menanggulangi hama tikus sawah melalui burung hantu.

"Di desa Babalan sudah lama dikembangkan penangkaran burung hantu Tyto Alba yang digunakan untuk mengendalikan hama tikus sawah. Jadi, yang mau belajar soal itu, kami rekomendasikan di Desa Babalan," ujar Wrin Driatmono kepada reporter Direktoripati.com.

Menurutnya, banyaknya populasi tikus sawah yang mengancam para petani di Pati disebabkan minimnya jumlah populasi predator tikus, seperti ular, termasuk burung hantu. Karena itu, keberadaan hewan predator memang punya peran penting.

Baca juga berita lainnya: Wow, Pendirian Hotel Bernuansa Mesum Dapat Izin dari Kayandu Pati

0 Response to "Desa Babalan Gabus Jadi Surga Burung Hantu"

Post a Comment