Ini Alasan Umat Non Muslim Ikut Puasa Ramadhan

Direktoripati.com - Salah seorang umat non muslim, sebut saja namanya Maria (nama samaran), ikut berpuasa saat bulan Ramadhan tiba. Ternyata, bulan Ramadan tidak hanya ditunggu-tunggu umat Muslim, tetapi juga umat non muslim.

Meski puasa di bulan Ramadhan bukan menjadi kewajiban bagi umat non muslim, tapi Maria menyambutnya dengan gembira. Kegembiraan tersebut tidak hanya dirasakan Maria saat Ramadhan, tetapi juga Hari Raya Idul Fitri.

Mereka ikut sungkeman keliling kampung bersama dengan umat Muslim lainnya. Merasakan hidangan Lebaran bersama dengan umat Islam lainnya.

Setelah redaksi Direktoripati.com mencoba untuk menggelar diskusi terbatas dalam dialog lintas iman yang digelar di kantor redaksi Direktoripati.com, akhirnya ada sejumlah alasan kenapa Maria dan beberapa umat non muslim lainnya ikut menjalankan puasa di bulan suci Ramadan dan ikut meluapkan kegembiraan pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba.

Baca juga berita hiburan (entertainment): Ini Rahasia Evi Masamba Menjadi Pemenang Dangdut Academy 2

Ini Alasan Umat Non Muslim Ikut Puasa Ramadhan
Ilustrasi sholat taraweh bulan Ramadan. Sumber foto: de.wikipedia.org
Pertama, hal itu menjadi bentuk toleransi Maria kepada rekan kantor yang sebagian besar umat Islam. "Mereka banyak yang puasa. Jadi saya menghormati, sekaligus saya niati ibadah, semoga dapat pahala dari Tuhan," ujarnya kepada redaksi Direktoripati.com.

Kedua, puasa di bulan Ramadan memiliki hikmah tersendiri bagi Maria pribadi. "Setahu saya, puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan amarah, nafsu, ego, keserakahan, ketamakan, ketidakjujuran, hawa nafsu negatif, dan perbuatan-perbuatan negatif lainnya. Termasuk menahan korupsi," katanya.

Dari sini, lanjut Maria, setiap perbuatan saya tiba-tiba terkontrol dan terkendali karena ingat sedang berpuasa. Dalam puasa, semua jadi positif. "Puji Tuhan. Hikmah puasa Ramadan benar-benar luar biasa," ucapnya.

Ketiga, ada mukjizat bagi kesehatan tubuh selama puasa di bulan Ramadhan. "Rasanya fit, segar dan bugar. Berat badan jadi terkontrol. Pokoknya rasanya sehat, deh. Sehat, sehat, dan sehat!" tuturnya sembari tersenyum lebar.

Dari dialog lintas iman yang digelar direktoripati.com terkait dengan hikmah, manfaat, dan mukjizat puasa Ramadan tersebut, akhirnya redaksi Direktori Pati menyimpulkan bahwa puasa selama bulan Ramadhan memiliki manfaat dari aspek jasmani-kesehatan, rohani-spiritual, dan sosial.

Baca juga berita hiburan: Kisah Jodha Akbar, mulai dari ANTV hingga Sejarah Taj Mahal

Selain itu, redaksi Direktori Pati harus mengakui masih banyak lagi manfaat, hikmah, dan mukjizat-mukjizat puasa Ramadhan yang belum terkuak secara ilmiah-rasional. Di dunia para ilmuwan saat ini, puasa Ramadhan diakui memiliki sejuta manfaat, baik dari aspek kesehatan (health) maupun rohani (spiritualism). Bagaimana dengan Anda?

0 Response to "Ini Alasan Umat Non Muslim Ikut Puasa Ramadhan"

Post a Comment