Wisata Pantai di Kota Pati Semakin Diminati

Wisata Pantai di Kota Pati Semakin Diminati
Wisata pantai di Kota Pati Jawa Tengah semakin diminati. Meski keberadaan pantai di Kabupaten Pati hanya ada di wilayah utara dan timur, seperti Juwana dan Dukuhseti, tetapi saat ini obyek wisata pantai mulai dilirik, meski masih dari pengunjung lokal.

Iklim investasi di Pati yang semakin membaik, tak hanya bisa dilihat dari hadirnya hotel bintang empat bertaraf internasional, tetapi juga obyek wisata yang semakin diminati. Salah satunya, Pantai Banyutowo yang berada di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti.

Baca juga: Menjelajahi Pantai Banyutowo, Dekat dengan Benteng Portugis Jepara

Semula, pantai yang berada di pesisir utara laut Jawa ini digunakan sebagai tempat nelayan beraktivitas mencari ikan. Puluhan kapal dan perahu bersandar di dermaga Pantai Banyutowo. Kawasan ini sempat akan dijadikan sebagai pelabuhan, meski belum berjalan baik.

Kendati begitu, Pantai Banyutowo saat ini justru mulai dilirik wisatawan, meski masih di tingkat lokal. "Kami sebetulnya ingin berlibur di Benteng Portugis dan Pantai Bandengan, Jepara. Tapi, kami sengaja mampir di Kecamatan Dukuhseti untuk menikmati indahnya Pantai Banyutowo," ujar Sutri, wisatawan lokal asal Kecamatan Jakenan, Pati, kemarin.

Sutri menuturkan, awalnya ia tidak tahu jika ada pantai yang bisa dijadikan destinasi wisata di daerah Dukuhseti. Setelah mencoba mengakses informasi wisata yang ada di Pati melalui salah satu media online lokal, ia bersama keluarga memutuskan untuk mampir di Pantai Banyutowo.

Sayangnya, pemerintah kabupaten (pemkab) belum punya perhatian serius soal pariwisata di Kabupaten Pati. "Saat ini, banyak penduduk sekitar yang mamanfaatkan Pantai Banyutowo sebagai tempat berlibur. Beberapa di antaranya, ada wisatawan dari luar kecamatan dan kabupaten. Sayangnya, masih minim perhatian," tutur Ngalimun, warga Kecamatan Dukuhseti.

Dia berharap, Pantai Banyutowo bisa menjadi salah satu andalan wisata pantai di Kabupaten Pati, setelah Juwana. "Selain masuk pendapatan asli daerah, wisata bisa membangun karakter masyarakat agar sadar akan potensi daerah yang dimiliki. Saya berharap dinas terkait bisa melek potensi yang ada di Pati," harapnya.

Baca juga: 11 Objek Wisata di Kabupaten Pati Paling Populer dan Sering Dikunjungi

0 Response to "Wisata Pantai di Kota Pati Semakin Diminati"

Post a Comment