Misteri Tumbangnya Pohon Asem Keramat Kemis Kayen

Misteri Tumbangnya Pohon Asem Keramat Kemisan Kayen
Kayen, Direktoripati.Com - Misteri tumbangnya pohon asem kemis keramat di di Dukuh Landoh, Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Selasa (7/4) siang, masih menjadi pertanyaan bagi warga. Pasalnya, pohon tersebut tumbang tanpa sebab. Tidak ada hujan, tidak ada angin.

Pohon raksasa keramat dengan diameter 4 meter, tinggi 20 meter, dan diperkirakan berusia 200 tahun tersebut mendadak roboh dengan menghantam empat rumah yang ada di sekitarnya, serta satu sepeda motor milik warga.

Tidak ada korban dalam insiden tersebut. Meskipun begitu, kerugian akibat empat rumah yang ditimpa pohon diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Dugaan kuat, pohon tua berukuran raksasa tersebut roboh, tumbang, ambruk, dan rubuh karena usianya sudah sangat tua, yakni sudah ada pada sekitar tahun 1800 an atau malah pada zaman Wali Songo. Pohon asem kemis tersebut dikeramatkan oleh warga. Pohon asem kemis ini juga dikaitkan dengan sejarah tokoh penyebar agama Islam bernama Saridin atau dikenal dengan Syeh Jangkung.

Sebelum roboh, warga setempat mengaku mendengar suara pohon yang seperti roboh. Kreekk. Setelah dicek, ternyata pohon sudah berada dalam keadaan miring.

Sontak, warga yang melihat pohon miring tersebut berhamburan dan mengamankan diri, sebelum akhirnya tumbang total. ”Kejadiannya sekitar pukul jam 12.00 WIB. Padahal, saat itu tidak ada hujan atau angin kencang, tapi pohon asem ini tiba-tiba ambruk,” kata salah seorang warga.

Lantaran penasaran ingin melihat pohon asem  keramat yang tumbang , warga berdatangan dan memadati lokasi. Warga sengaja mengambil galeh kayu asem tersebut, karena warga percaya hati kayu asem dapat menghilangkan sial.

Salah seorang warga Trimulyo, Kecamatan Kayen, mengaku sengaja mengambil galih asem untuk dijadikan pegangan atau azimat. Menurutnya, pohon  asem tersebut merupakan peninggalan leluhurnya. ”Pohon asem ini tinggalan Mbah Syeh Jangkung. Kayu galehnya bisa dijadikan untuk keselamatan. Kayunya juga bisa dijadikan mata akik, ” ungkapnya.

Baca juga berita (news) terhangat: Wow, 2 Sejoli Ini Nekat Kencan Romantis Buta di Taman Kota Pati Siang Bolong

Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan, petugas kepolisan dari Polsek Kayen memasang garis polisi (police line).

1 Response to "Misteri Tumbangnya Pohon Asem Keramat Kemis Kayen"