Kak Seto Mulyadi Minta Guru Jadi Sahabat Siswa

Kak Seto Mulyadi Minta Guru Jadi Sahabat Siswa
Kak Seto Mulyadi mengimbau kepada semua guru dan pendidik untuk menjadi sahabat siswa atau murid. Psikolog anak terkenal Indonesia ini mengatakan, pendidikan harus dibuat senyaman mungkin sehingga proses transformasi belajar bisa tercapai dengan baik.

Pemilik Home Schooling Kak Seto ini kepada Direktoripati.Com berpesan, jangan sampai ada lagi kasus kekerasan dari guru atau tenaga pendidik kepada murid. Pasalnya, cara belajar mengajar yang disertai dengan kekerasan dinilai tidak efektif, dan bukan zamannya lagi.

"Mulai detik ini, mohon kasus serupa tidak terjadi lagi. Silakan masing-masing sekolah membuat satgas perlindungan anak, baik itu oleh guru, anggotanya, orangtua, bahkan siswa sendiri," ujar Kak Seto Mulyadi kepada wartawan Direktoripati.Com, usai memberi materi dalam Pelatihan Nasional Indonesia Mendongeng bertema "Membentuk Generasi Emas Berkarakter dan Berbudaya" di SMA Negeri 2 Pati, kemarin.

Dengan demikian, lanjutnya, ada kerja sama secara serentak untuk menghentikan kekerasan terhadap siswa, baik bullying maupun kekerasan oleh guru. Kata Kak Seto Mulyadi, cara paling efektif untuk mendidik kepada siswa adalah dengan cara dialog dan memposisikan murid sebagai sahabat. Selain itu, Kak Seto mengimbau agar guru lebih kreatif.

"Saat ini bukan lagi zamannya untuk mendidik murid dengan cara kekerasan. Mestinya, guru bisa berperan sebagai sahabat bagi bagi murid. Dengan begitu proses transformasi ilmu bisa tersampaikan dengan baik,” ujar Kak Seto Mulyadi  yang memiliki home schooling di Jakarta ini.

Pasalnya, Kak Seto menilai proses pembelajaran yang kaku, apalagi disertai dengan kekerasan, sama sekali tidak bisa membentuk karakter dan mental siswa sebagai generasi penerus bangsa ke depan. Padahal, kata Kak Seto Mulyadi, pendidikan bukan hanya soal pintar atau tidak, tetapi menyangkut pembentukan karakter yang berperan penting terhadap nasib bangsa ke depan.

Baca juga: Ujian Nasional Online di Pati Hanya Diikuti 3 Sekolah, Ini Beritanya

"Jalin komunikasi dan dialog yang baik dengan siswa. Termasuk mendongeng menjadi salah satu cara untuk menyampaikan pesan moral kepada siswa agar bisa menjadi teladan yang baik. Dari dogeng, pesan moral disampaikan. Dari pesan moral, pembentukan karakter ditanamkan sejak dini. Indonesia, terlebih Kabupaten Pati, butuh guru dan pendidik yang bisa memposisikan diri sebagai sahabat bagi siswa, termasuk mau menyampaikan pesan moral melalui dongeng rakyat,” pesan Kak Seto Mulyadi.

0 Response to "Kak Seto Mulyadi Minta Guru Jadi Sahabat Siswa"

Post a Comment