Warga Pati Diminta Pertahankan Adipura Kencana

Warga Pati Diminta Pertahankan Adipura Kencana
Kota, Direktoripati.Com - Penghargaan Adipura Kencana yang diperoleh Kabupaten Pati beberapa bulan yang lalu, mendapat masukan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Jika Kabupaten Pati ingin mempertahakan anugerah Adipura, salah satu poin penting yang harus ditingkatkan adalah fasilitas pengelolaan sampah.

Hal ini disampaikan Setyo Winarso, Kepala Bidang Pengendalian, Pemanfaatan Ruang dan Sumber Daya Alam (PPRSDA) Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa dalam acara "Ekspose Hasil Pemantauan Adipura Tahap I Tahun 2014-2015 dan Pembinaan Kebersihan dan Keteduhan Hidup di Ruang Pragola Gedung Setda Pati, kemarin.

"Ada banyak faktor yang membuat suatu daerah mendapatkan anugerah Adipura, salah satu yang mendapatkan poin tinggi adalah fasilitas pengolahan sampah skala kota, tempat pembuangan akhir (TPA), bank sampah, serta sejumlah fasilitas umum lainnya seperti pasar, terminal, pelabuhan, dan lain sebagainya," ujar Setyo kepada wartawan Direktoripati.Com.

Karena itu, lanjut Setyo, jika Kota Pati ingin mempertahankan penghargaan Adipura, pemerintah dan masyarakat harus bersinergi untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan. Kendati demikian, Setyo menegaskan bahwa hasil penghargaan Adipura mesti bermanfaat untuk masyarakat.

"Setelah mendapatkan penghargaan Adipura, hal penting yang harus dijawab adalah, sudahkah masyarakat Pati merasakan manfaat Adipura, baik dari segi lingkungan, ekonomi, sosial, dan agama?" tutur Setyo.

Baca juga berita (news) seputar Pati: Melamar Lowongan Kerja Wiyata di Rumah Sakit, Ditipu Rp 90 Juta

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengajak masyarakat Pati agar punya kesadaran terhadap kelestarian lingkungan. "Kami berupaya meningkatkan budaya cinta lingkungan, salah satunya dengan menggalakkan agenda bersepeda bersama masyarakat setiap Selasa, Rabu, dan Jumat," kata Haryanto.

0 Response to "Warga Pati Diminta Pertahankan Adipura Kencana"

Post a Comment