Waduk Gunung Rowo Jebol, Nelayan Dilarang Mendekati Tower

Waduk Gunung Rowo Jebol, Nelayan Dilarang Mendekati Tower
Gembong, Direktoripati.Com - Jebolnya salah satu bendungan Waduk Gunung Rowo yang terletak di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Minggu (1/3) kemarin, tidak menghalangi niat nelayan untuk mencari ikan di area waduk.

Puluhan nelayan tradisional tetap beroperasi mencari ikan, meski saluran waduk yang jebol sempat mengagetkan warga.

Meski begitu, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menghimbau kepada seluruh nelayan agar tidak mendekati tower Waduk Gunung Rowo. Pasalnya, arus air yang disebabkan kebocoran pada salah satu saluran bendungan sangat kencang, sehingga menyebabkan putaran air di sekitar tower menyedot barang apa saja yang ada di sekelilingnya.

“Kami sudah memberikan peringatan kepada warga Sitiluhur yang mencari ikan di area waduk untuk berhati-hati dan tidak mendekat pada tower pada radius 30 meter. Masalahnya, kebocoran pada salah satu saluran bendungan menyebabkan pusaran air yang sangat kuat di sekitar tower, sehingga membahayakan para pencari ikan,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Suharyono sebagaimana dilansir Koran Muria.

Saat ini, Pemkab tengah mengupayakan solusi untuk menyelesaikan masalah saluran Waduk Gunung Rowo yang ambrol.  “Kami sedang berusaha untuk mengatasi kendala kebocoran Waduk Gunung Rowo. Sementara ini, kami belum bisa mencari lubang yang menjadi pusat kebocoran mengingat arusnya sangat deras. Kami sepakat menunggu debit air waduk surut dengan menutup seluruh aliran air yang mengarah ke area waduk,” imbuh Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Bambang Astoto.


Pasca kebocoran waduk berlangsung, Selasa (3/3), sejumlah pejabat pemerintah meninjau lokasi Waduk Gunung Rowo yang saat ini dipasang garis polisi (police line), antara lain DPU Kabupaten Pati, Komisi C DPRD Pati, Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Komisi Keamanan Bendungan Kementerian Pekerjaan Umum, dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Tengah.

0 Response to "Waduk Gunung Rowo Jebol, Nelayan Dilarang Mendekati Tower"

Post a Comment