Tuberkulosis (Tb) Jadi Ancaman Serius, Stop Tb!

Tuberkulosis (Tb) menjadi ancaman serius, stop Tb! Angka penderita tubercolosis (Tbc) di Indonesia saat ini cukup tinggi. Kabupaten Pati masuk peringkat 10 besar di Jawa Tengah terkait dengan penderita penyakit Tuberkulosis (Tb). Sementara itu, Indonesia sempat berada pada nomor urut keempat di dunia sebagai penderita Tbc terbanyak, setelah India, China, dan Afrika.

Tuberkulosis (Tb) Jadi Ancaman Serius, Stop Tb!
Masalah tersebut dikaji dalam ”seminar sehari” dalam rangka memperingati hari Tuberkulosis Sedunia yang diselenggarakan Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Wilayah Pati di Aula Bakorwil 01, Pati, Selasa (24/3).

Dalam agenda tersebut, BKPM mengajak kepada komite kesehatan, praktisi kesehatan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan seluruh elemen masyarakat agar punya komitmen bersama untuk menemukan dan memberantas penyakit menular Tuberkulosis (Tb).

”Angka penderita Tuberkulosis (Tb) di Pati cukup tinggi. Saat ini, target pemerintah adalah meningkatkan temuan Tb. Soalnya, kalau tidak segera ditemukan, dikhawatirkan penyebarannya sangat cepat. Karena penyakit Tb bisa menular hanya dalam percakapan saja, misalnya air ludah yang muncrat, minum air dalam wadah yang sama, dan lain sebagainya,” ujar Tri Kusumawati, Kasi Promosi, Pencegahan dan Rehabilitasi (PPR) BKPM Wilayah Pati kepada wartawan Direktoripati.Com.

Ia menambahkan, Kabupaten Pati masih berada di bawah target nasional terkait dengan agenda untuk menemukan penderita Tuberkulosis (Tb). Oleh karena itu, pihaknya akan bekerja keras dan meminta dukungan kepada berbagai pihak untuk menemukan penderita Tuberkulosis (Tb), kemudian memberantasnya. "Stop Tb," imbuhnya.

”Kami imbau kepada seluruh masyarakat, apabila terkena indikasi penyakit Tuberkulosis (Tbc), segera bawa ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat, atau datang langsung ke BKPM Pati. Kalau tidak segera mendapatkan penanganan, khawatirnya menular ke orang lain sehingga angka penderita Tuberkulosis (Tb) dipastikan meningkat,” imbau Tri.

Adapun salah satu indikasi, gejala, atau ciri-ciri penyakit tubercolosis (Tb), kata Tri, antara lain batuk berturut-turut selama dua minggu, keringat dingin pada malam hari, batuk berdahak disertai mengeluarkan darah, demam lebih dari sebulan, nafsu makan berkurang dan menurunnya beran badan, urin menjadi berwarna merah atau keruh, sesak napas dan nyeri pada bagian dada.

”Penyakit tubercolosis (Tbc) jangan dianggap sebelah mata, karena penyakit ini sangat berbahaya dan bisa mematikan. Sama berbahayanya dengan penyakit HIV/AIDS dan kecanduan narkoba. Tuberkulosis (Tb) bisa jadi ancaman serius, stop Tb!" pesannya.

Baca juga berita (news) lainnya: Ternyata Wanita Lebih Cantik Memakai Hijab

0 Response to "Tuberkulosis (Tb) Jadi Ancaman Serius, Stop Tb!"

Post a Comment