Tips Liburan Murah di Kabupaten Pati

Tips liburan murah di Kabupaten Pati ini dibuat secara khusus oleh tim redaksi wisata (tourism) Direktoripati.Com untuk memberikan informasi, petunjuk, panduan, dan tips kepada wisatawan yang ingin menjelajah dan mengeksporasi tempat wisata di Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Tentukan obyek wisata
Tentukan objek wisata terlebih dahulu. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda jadikan sebagai wahana liburan murah, mulai dari wisata alam (natural tourism), wisata sejarah (heritage tourism), wisata keluarga (family tourism), wisata religi (religios), wisata belanja (shopping), hingga wisata kuliner.

Tips Liburan Murah di Kabupaten Pati
Senja di Pantai Banyutowo. Foto: Lismanto/Direktoripati.Com
Dari semua tempat wisata tersebut, menurut catatan Direktoripati.Com, hampir semua tempat liburan tersebut sangat murah.

Misalnya, wisata alam kita bisa memilih waduk seloromo di mana wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan alam berupa danau buatan dipadu dengan pegunungan dan hutan pada bagian barat. Semua gratis! Tidak ada tarif masuk.

Sementara itu, untuk memasuki kawasan wisata Gunung Rowo biasanya dikenakan biaya masuk cuma Rp 2000 untuk sepeda motor dan RP 3 ribu untuk mobil. Bagaimana? Murah sekali, bukan?

Demikian pula saat Anda mengunjungi Pantai Banyutowo di daerah Dukuhseti, tidak ada tarif atau biaya masuk karena sebetulnya kawasan pantai ini merupakan area para nelayan untuk menyandarkan kapal dan perahunya. Meski begitu, di sini biasa dijadikan ajang untuk wisata liburan murah di Pati.

Begitu juga dengan Gua Pancur, Gua Wareh, Air Terjun Tadah Hujan, Air Terjun Grenjengan Sewu, Pulau Seprapat, Air Terjun Widodaren, Air Terjun Santi, Pintu Gerbang Majapahit, dan Masjid Agung Baitunnur Pati semuanya gratis! Hanya saja, untuk wisata keluarga seperti Juwana Water Fantasy (JWF), Byar Byur Waterpark, dan Sendang Tirta Marta Sani, Anda harus rela merogoh kocek cukup dalam, meski sebetulnya tidak seberapa. Rp 100 ribu sudah sangat cukup untuk liburan murah bersama keluarga, kecuali dengan tambahan wisata kuliner.

Info selengkapnya, baca: 10 Tempat Wisata di Pati Jawa Tengah Paling Populer

Tentukan hotel
Jika Anda ingin menginap di hotel dan ingin melanjutkan jelajah wisata keesokan harinya, sebaiknya pilih hotel terdekat dengan tempat liburan tujuan berikutnya dengan memilih hotel kelas melati yang murah.

Misalnya, Anda wisata di kawasan pegunungan Kendeng atau daerah Kayen-Sukolilo pada hari ini, kemudian ingin melanjutkan jelajah wisata pada hari berikutnya di kawasan Pati kota atau pati utara, silakan cari hotel di wilayah tersebut.

Sebagai tips, jika Anda ingin menjelajah wisata di Pati, sebaiknya pilih dulu di Pati kawasan selatan (Kayen, Sukolilo, Tambakromo), lalu kawasan Timur (Juwana). Kenapa? Soalnya banyak hotel murah ditemukan di wilayah Pati kota dan Tayu, sehingga hotel murah ini sebaiknya dijadikan sebagai destinasi wisata akhir untuk melepas lelah, bukan wisata pertama.

Setelah capek seharian wisata di daerah Juwana dan Sukolilo, nah, baru kembali ke habitat di kawasan yang berdekatan dengan hotel atau penginapan (homestay) murah. Harga, tarif, atau biaya penginapan/hotel di Pati rata-rata Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu per hari tergantung dari segi kualitas dan fasilitas yang diberikan.

Baca juga: Daftar Hotel dan Penginapan Murah di Kabupaten Pati Jateng

Bawa bekal
Tips Liburan Murah di Kabupaten Pati
Bawa bekal snack dan makanan sendiri adalah salah satu cara untuk menghemat biaya liburan Anda.

Namun, tentu tidak akan seenak kalau kita mampir di warung di sekitar tempat wisata.

Tenang saja. Semua area wisata di Pati menawarkan daftar harga menu yang bersahabat. Jadi, tak perlu risau untuk masalah ini.

Sebagai gambaran, 2 reporter wisata Direktoripati.Com mencoba menghabiskan waktu liburan di Waduk Gunung Rowo dengan memesan dua kelapa muda utuh, dua nasi plus lalapan, kerupuk, dan dua ikan nila ukuran besar, cuma habis Rp 75 ribu. Wah, murah sekali, bukan?

Sepeda motor atau mobil?
Untuk liburan bersama keluarga sebaiknya bawa mobil. Hal ini sama sekali tidak mempengaruhi pengeluaran biaya wisata Anda, kecuali bensin dan tiket masuk yang hanya terpaut seribu rupiah dengan sepeda motor.

Namun, jika Anda suka berpetualang menggunakan sepeda motor bersama pacar atau suami-istri, hal ini bukan menjadi persoalan. Malah lebih terasa liburannya!

Game atau permainan
Kalau Anda bersama dengan anak, maka liburan paling asyik mesti melibatkan game atau permainan, misalnya di Juwana Water Fantasy (JWF), outbond, mobil-mobilan, atau wahana wisata lainnya yang terdapat permainan (game).

Hal ini lebih alami dan mengasyikkan ketimbang membiarkan anak selalu bermain game online dan game-game berbau elektronik lainnya yang tidak baik untuk kesehatan mata. Dengan mencari wisata permainan, maka anak menjadi riang, senang, dan fresh.

Namun, agaknya wisata permainan (game) di Pati bisa dikatakan bertarif standar sebagaimana kota-kota lainnya sehingga memungkinkan Anda merogoh kocek cukup dalam untuk urusan ini. Sebagai tips liburan murah, pilih area agrowisata seperti di bumi perkemahan Regaloh yang saat ini menawarkan wisata agrowisata perkebunan yang cocok untuk anak maupun keluarga.

Liburan paling murah di dunia
Nah, solusi terakhir jika Anda ingin menghabiskan liburan bersama keluarga dengan biaya yang sangat murah, coba datang ke Simpang Lima Pati pada malam hari, mulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIB. Di sana seperti Malioboro di Yogyakarta, ada penjual pakaian dan fashion, puluhan kuliner, hingga wahana permainan anak.

Baca info terkait: Wisata Malam di Alun-Alun Simpang Lima Pati

Selain itu, coba kunjungi Stadion Joyokusumo Pati pada minggu pagi. Ada apa saja? Seperti pasar grebek, ramai sekali. Dijamin puas dan murah! Kesimpulannya, liburan di Pati bisa dipastikan murah, bahkan liburan paling murah di dunia. Benarkah? Coba saja.

Tidak jauh berbeda dengan halnya wisata di Kudus, Rembang, Blora, Grobogan-Purwodadi yang menawarkan tempat liburan murah. Namun, untuk tempat wisata di Jepara sepertinya bisa dikatakan cukup mahal untuk ukuran obyek liburan di sekitar karesidenan Pati. Meski begitu, pada dasarnya tempat-tempat liburan di Pati, Kudus, Rembang, Blora, Grobogan-Purwodadi, dan Jepara memberikan satu destinasi tourism yang murah, hemat, sekaligus eksotis. Demikian artikel dan berita informasi seputar tips liburan murah di wilayah Kabupaten Pati Jawa Tengah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Liburan Murah di Kabupaten Pati"

Post a Comment