Prosedur BPJS Kesehatan Tak Sepenuhnya Dipahami

Prosedur BPJS Kesehatan Tak Sepenuhnya Dipahami
Margoyoso, Direktoripati.Com - "Kartu sakti BPJS Kesehatan tidak sesakti promosinya. Saya minta rujukan sebanyak tiga kali dari rumah sakit satu ke rumah sakit lain, tapi hasilnya tidak sesuai harapan," keluh Ani Puji Lestari, peserta BPJS Kesehatan asal Desa Purwodadi, Kecamatan Margoyoso, sebagaimana dilansir Koran Muria, Selasa (10/3).

Ani mengatakan, tulang kakinya yang sempat patah mengharuskan untuk operasi. "Kaki saya pernah patah dan disambung. Tapi, sekarang tidak menyatu lagi sehingga membutuhkan operasi," ujarnya.

Saat sosialisasi, lanjut Ani, pihak BPJS Kesehatan mengatakan bahwa setiap peserta yang sakit bisa mengajukan klaim untuk layanan kesehatan sebagaimana program asuransi kesehatan lainnya, di mana pun dan kapan pun. Namun, setelah meminta rujukan ke sani kemari, Ani tak berhasil dan akhirnya memilih untuk membiayai operasinya sendiri.

Setelah Direktoripati.Com melakukan konfirmasi kepada pihak PBJS Kesehatan Cabang Pati, kemarin, masalah yang dikeluhkan Ani disebabkan karena prosedur BPJS yang tidak sepenuhnya dipahami.

"Rujukan itu tidak diminta. Itu sama saja menyepelekan dokter. Rujukan itu harus sesuai dengan indikasi medis," tutur Sri Sudarti, Plh Kanit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan (MPKR) BPJS Kesehatan Cabang Pati.

Tahap Pertama, lanjut Sri, peserta harus periksa ke PTK satu, yaitu puskemas. Kalau tidak bisa menangani, peserta akan dirujuk ke rumah sakit sesuai dengan kebutuhan medis.

"Kalau rumah sakit masih tidak bisa menangani penyakit yang dikeluhkan peserta, akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih tinggi kualitas dan kapasitas pelayanannya. Ini berlaku nasional," kata Sri.

"Jadi, peserta boleh dirujuk ke mana saja, sesuai dengan kebutuhan medis dan program BPJS kesehatan yang diikuti," pungkasnya

Baca juga berita (news) seputar pertanian: Hama Padi Tikus Sulit Dikendalikan, Petani Terpaksa Gunakan Setrum

1 Response to "Prosedur BPJS Kesehatan Tak Sepenuhnya Dipahami"

  1. Min permisi mau tanya, ttg
    "Tahap Pertama, lanjut Sri, peserta harus periksa ke PTK satu, yaitu puskemas. Kalau tidak bisa menangani, peserta akan dirujuk ke rumah sakit sesuai dengan kebutuhan medis."
    Prosedur pertama itu apakah maksudnya minta surat rujukan dari puskesmas dulu?,nuwuun

    ReplyDelete