Wow! Pilkades Pati Telan Biaya Rp 9,7 Miliar

Wow! Pilkades Pati Telan Biaya Rp 9,7 Miliar
Pati Kota, Direktoripati.Com - Wow! Pilkades Pati menelan biaya Rp 9,7 Miliar. Tepatnya, Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang melibatkan 528 calon kades, 219 desa, dan 21 kecamatan di Kabupaten Pati, menelan biaya Rp 9.712.065.000.

Selain itu, setiap desa mendapatkan dana sebesar Rp 15.000 yang dikalikan jumlah penduduk yang ditransfer ke rekening desa.

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, semua biaya Pilkades diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati yang digunakan untuk belanja surat suara, kotak suara, serta sejumlah perlengkapan dan honorarium panitia. Sampai Rabu (18/3) kemarin, anggaran yang sudah dicairkan sebesar Rp 4.112.640.000 (4,1 milyar) atau sekitar 42,3 persen.

Sementara itu, hingga Jumat (20/3), sekian desa yang siap melangsungkan pesta demokrasi pada 28 Maret mendatang, dua desa di antaranya belum siap. Dua desa tersebut, yakni Desa Bancak, Kecamatan Gunungwungkal yang gagal melaksanakan Pilkades dan Desa Bulumanis Lor, Kecamatan Margoyoso yang saat ini sedang dalam masa perpanjangan penetapan calon.

Pemerintah kabupaten (pemkab) akan menunjuk kalangan pegawai negeri sipil (PNS) untuk menjabat sebagai Plt Desa Bancak. Sedangkan Pilkades Desa Bulumanis Lor mengajukan perpanjangan masa penetapan calon, mengingat calon kades belum mencapai dua orang yang menjadi syarat minimal mutlak dalam penyelenggaraan Pilkades.

Di tempat terpisah, Pemkab mengimbau kepada seluruh panitia supaya semua berkas susulan yang sudah diverifikasi oleh bagian pemerintahan, segera diperbaiki sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan. Semua panitia diharapkan segera memperbaiki berkas-berkas yang sudah kami verifikasi.

Baca juga berita seputar politik di Pati: Pilkades Serentak Pati Memanas, Bupati Angkat Bicara

0 Response to "Wow! Pilkades Pati Telan Biaya Rp 9,7 Miliar"

Post a Comment