Pilkades Pati Memanas, Bupati Angkat Bicara

bupati pati haryanto pidato soal pilkades serentak
Kota, Direktoripati.Com - Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pati semakin memanas, yakni adanya aksi saling lapor melapor antara satu calon kades dengan kades yang lain.

Hal ini diakui Bupati Pati Haryanto saat menggelar pertemuan seluruh calon kades, camat, pemerintahan, kepolisian, TNI, dan anggota dewan di Salza Convention Hall, Pati, Kamis (19/3) ini.

Untuk itu, Bupati Pati Haryanto mengimbau kepada 528 calon kepala desa untuk bisa menjalankan proses demokrasi dan politik Pilkades dengan kompetisi yang sehat dan fair.

"Masing-masing calon berada dalam dua kemungkinan, yakni jadi atau tidak jadi. Karena itu, calon harus siap kalah atau menang. Masing-masing punya konsekuensi. Yang jelas, calon harus bisa berkompetisi secara sehat dengan lawan politiknya. Jangan saling menjelekkan atau membunuh lawan dengan cara-cara yang tidak fair,” ujarnya.

Haryanto mengatakan, jangan mencampuradukkan antara proses politik dan hukum. Pasalnya, selama ini Pilkades serentak dicederai dengan banyaknya aktivitas saling lapor-melapor kepada pihak kepolisian, antara satu calon dengan calon yang lain.

”Laporan dan temuan yang melanggar proses demokrasi seharusnya dilakukan pascaPilkades. Kalau tidak demikian, proses Pilkades tidak akan berjalan lancar. Sampai saat ini, saya dan pihak kepolisian banyak mendapatkan aduan dan laporan terkait dengan dugaan penyimpangan. Tapi, kami tetap melanjutkan Pilkades. Soal adanya penyimpangan, biar pihak berwenang yang menindaklanjuti pascaPilkades,” tuturnya.

Terkait dengan kepanitiaan Pilkades, Haryanto berpesan agar panitia bersikap netral. Tugas panitia, imbuhnya, mengawal seluruh calon kades sampai pada pelantikan, bukan ikut intervensi pada salah satu calon kades. ”Tugas panitia itu mengawal dan memfasilitasi Pilkades sampai pelatikan calon, bukan intervensi,” pungkasnya.

Pilkades serentak menjadi bagian dari tonggak sejarah pesta demokrasi di Pati untuk kali pertamanya. Oleh sebab itu, Pemkab berharap agar Pilkades bisa berjalan aman, tertib, dan lancar.

Baca juga berita (news) seputar Pati: Percaya Anggota DPRD, Gadis Ini Tertipu Rp 90 Juta Demi Lowongan Kerja Wiyata

Pada Sabtu (28/3) mendatang, Pemkab akan mengerahkan pihak Kepolisian, TNI, Satpol PP di sejumlah titik yang menjadi daerah rawan konflik. Beberapa di antaranya, masyarakat diminta ikut saling menjaga keamanan.

0 Response to "Pilkades Pati Memanas, Bupati Angkat Bicara"

Post a Comment