Kelebihan dan Kekurangan Kamera Canon SX400 IS

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Canon SX400 IS
Kelebihan dan kekurangan kamera Canon SX400 IS ini merupakan hasil wawancara tim gadget Direktoripati.Com dengan Lismanto, seorang jurnalis asal Pati yang menggunakan kamera prosumer Powershot Canon SX400 IS.

Jadi, boleh jadi penilaian terhadap kelebihan-keunggulan dan kekurangan-kelemahan kamera prosumer Canon SX400 IS ini berbeda dengan sudut pendang seorang fotografer profesional atau pengguna kamera lainnya. Berikut hasilnya.

Kelebihan Canon SX400 IS
Keunggulan Canon SX400 IS ketimbang kamera lain di kelasnya adalah soal harga. Dengan harga sekitar Rp 1,8 juta, pengguna sudah bisa menggunakan kamera prosumer dengan kualitas zoom dan hasil gambar yang memuaskan.

Dari segi hasil gambar cukup memuaskan jika dibandingkan dengan kamera digital-pocket biasa. Untuk kepentingan jurnalistik sudah bisa diandalkan.

"Dalam beberapa momen, saya menggunakan kamera Canon SX400 IS. Kecepatan mengambil gambar dalam momen yang cepat bisa diandalkan. Kecil kemungkinan mendapatkan gambar blur saat menggunakan kamera ini, soalnya sudah dibekali dengan IS yang bisa diandalkan saat obyek foto bergerak cepat," ujar Lismanto kepada Direktoripati.Com.

Selain itu, kelebihan dari Canon SX400 IS adalah bisa diandalkan saat fotografer memotret objek foto pada jarak yang jauh, karena sudah dipersenjatai dengan kamera 30x optical zoom.

"Meski digunakan pada obyek gambar yang jauh, tetapi hasil foto Canon SX400 IS cukup memuaskan. Saya pernah memotret gambar tulisan dengan jarak sekitar 100 meter, saat saya zoom, tulisannya terlihat jelas dan tidak pecah atau blur. Ini wajar karena lensa sudah dibenamkan sensor CCD sebesar 16 MP," tutur Lismanto.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Canon SX400 IS
Hasil foto kamera Canon SX400 IS dari jarak 100 meter

Kekurangan Canon SX400 IS
Kelemahan Canon SX400 IS, menurut Lismanto, kadang masih banyak dijumpai noise pada hasil foto. Meski beberapa di antaranya tidak.

Selain itu, untuk menghasilkan gambar kualitas kamera DSLR masih sangat jauh. "Kalau sekadar untuk menghasilkan foto jurnalistik yang bercerita-berbicara masih bisa. Tapi, kalau untuk mempercantik gambar dengan fokus di satu titik dan blur di titik yang lain sangatlah susah," katanya.

"Jangan berharap jika Anda ingin menghasilkan hasil foto seperti kamera DSLR menggunakan kamera Canon SX400 IS ini. Pasalnya, kamera ini masih digital, pocket atau kamera saku, di bawah prosumer," ungkapnya.

Kekurangan Canon SX400 IS lainnya, antara lain operasionalisasi kamera yang sama dengan pocket atau kamera saku. "Ya, Canon SX400 IS adalah kamera saku yang punya kualitas unggul di kelas pocket-digital, tetapi masih jauh di bawah DSLR. Semua menu sama dengan kamera canon digital," kata Lismanto.

Baca juga: Pengertian Apa Itu Android One, Review, Harga dan Spesifikasi Lengkap 

Demikian ulasan kamera Canon SX400 IS yang meliputi kekurangan-kelemahan, kelebihan-keunggulan, dari pandangan seorang jurnalis sehingga disesuaikan untuk kebutuhan fotografi jurnalistik. Ulasan Canon SX400 IS dari fotografer dan ahli kamera mungkin berbeda lagi. Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Kelebihan dan Kekurangan Kamera Canon SX400 IS"